Jumat, 2 Desember 22

Wisata Alam, Antara Keindahan dan Mitos

Wisata Alam

OBYEK wisata yang  berada di dekat perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas, Telaga Warna menjadi tempat favorit wisatawan Timur Tengah. Bagi wisatawan lokal, danau yang menebar pesona beragam warna ini merupakan pilihan tempat yang nyaman dan ekonomis karena untuk menikmati keindahan alamnya terbilang masih terjangkau saku.

Tidak sulit menuju obyek wisata yang menawarkan keindahan alam tersebut. Bagi yang menggunakan angkutan umum, cukup berhenti di rumah makan Rindu Alam, kawasan Puncak Pass Cisarua, Bogor, akan ditemui papan penunjuk arah menuju lokasi tak terlalu besar di depannya. Telaga Warna, Puncak memiliki mitos yang beredar di masyarakat sekitar.

“Banyak yang percaya, jika mandi di Telaga Warna maka akan segera mendapatkan jodoh, awet muda, dan dilancarkan rejekinya,” tukas Jaka, pegawai taman wisata kepada indeksberita.com, Minggu (21/2/2016).

Menurut legenda masyarakat Jawa Barat, Telaga Warna Puncak Bogor terjadi karena ulah putri raja kerajaan Kutatanggeuhan yang tidak mau diberi hadiah kalung oleh orang tuanya. Karena sedih ibu sang putri menangis dan tiba-tiba bagian pendopo kerajaan mengeluarkan air yang menenggelamkan kerajaan.

“Selan itu, mitos yang masih melekat di Telaga Warna yakni cerita sepasang ikan berwarna hitam dan kuning, yang masing-masing bernama si Tihul dan si Larung. Bagi yang melihat ikan tersebut, konon kabarnya bisa dapat rejeki. Sampai saat ini, ada juga yang percaya air telaga bisa menyembuhkan penyakit. Tapi, benar tidaknya, belum ada yang tahu,” tutur Aisyah, pedagang makanan yang juga warga setempat. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait