Kamis, 7 Juli 22
Beranda Featured Warga Ngungsi Dipinggir Rel, Ahok : Nanti Juga Pelan-pelan Pindah Sendiri

Warga Ngungsi Dipinggir Rel, Ahok : Nanti Juga Pelan-pelan Pindah Sendiri

0

Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)  mengatakan tidak masalah banyak warga pinggiran tinggal di sisi rel atau tepatnya di samping apartemen Kalibata City, jalan Rawajati Barat, RT. 09 RW. 04 menolak di pindahkan ke rumah susun.

“Nanti juga pelan-pelan juga (pindah sendiri), kayak kasus Waduk Pluit juga gitu dulu, Pasar Ikan juga gitu, seakarang Pasar Ikan masih ada nggak (warga yang tinggal di tenda)?,” kata Ahok di kantornya Balai kota DKI Jakarta, Jumat (2/9).

Selanjutnya, Ahok menduga sebagian warga Rawajati tidak mau direlokasi ke rusun lantaran ada oknum yang mau membiayai biaya hidup mereka untuk sementara.

“Nanti yang biayain juga kapok tuh yang suka kasih (bantuan) mie, tenda,” ucap Ahok.

Namun, Ahok menolak disebut disebut kurang adanya sosialisasi dalam menertibkan wilayah Rawajati yang dihuni oleh 60 kepala keluarga tersebut.

“Nggak kasih tahu tapi laporin kita ke Komnas HAM, semua tau. Yakan? Ibu Ratna Sarumpaet saja tahu kok kalau mau digusur,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menertibkan bangunan liar di sisi rel, atau tepatnya di samping apartemen Kalibata City, jalan Rawajati Barat, RT. 09 RW. 04, Kamis (1/9) kemarin.

Penertiban sempat berlangsung bentrok antar awarga dengan petugas itu masih menyisahkan persoalan yakni masih banyak warga menolak direlokasi ke Rumah Susun Sederhana Sewa Marunda Jakarta Utara, dan warga lebih memilih mendirikan tenda darurat dengan menggunakan terpal untuk dijadikan atap di pinggiran jalan Rawajati Barat.