Sabtu, 10 Desember 22

Walikota Bogor : Tahun ini, MBR Bebas Tagihan Biaya PBB

BOGOR – Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto memastikan, terhitung mulai tahun ini Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) akan dibebaskan dari tagihan Pajak Bumi Bangunan (PBB).

“Ya. Besok, Selasa (23/2/2016) bersamaan dengan dibagikannya SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang) kepada para lurah, akan kita umumkan bagi MBR di Kota Bogor, tidak lagi membayar PBB,” tukasnya saat diwawancarai indeksberita.com, melalui telepon, Senin (22/2/2016) pagi.

Bima menambahkan, pembebasan pembayaran ini langsung difungsikan bagi warga tidak mampu yang pembayarannya PBB sebelumya dibawah Rp100 ribu.

“Kita sudah siapkan bersama Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Bogor. Dan, itu bertujuan untuk meringankan beban, sekaligus pengentasan kemiskinan MBR,” tuturnya.
Ditanya soal persiapan pembagian sertifikasi gratis yang akan digalakan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor pada waktu yang sama, Bima kembali menegaskan, pihaknya sudah siap memberikan layanan.

“Sudah ada koordinasi dengan pihak BPN. Kita sudah siap. Terkait biaya administrasi, nantinya akan kita pikirkan. Tapi, saat ini belum dianggarkan. Kemungkinan, nantinya melalui pos CSR (Corporate Social Responsibility) yang saat ini payung hukumnya tengah dilakukan pembahasan (red.DPRD Kota Bogor),”singkatnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Bogor, Untung Maryono mengatakan, dewan menyambut baik pembagian sertifikat gratis.

“Melalui penggratisan PBB dan sertifikat, nantinya warga tidak mampu akan memperoleh nilai manfaat keekonomian. Misalnya, selain memiliki lahan dan bangunan, setidaknya hal itu bisa menjadi modal untuk memulai usaha. Saya sepakat, karena program ini sudah ikut membantu memberdayakan masyarakat tidak mampu,” ujarnya. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait