Rabu, 30 November 22

Walikota Bogor Melancong ke Amerika, Para Kadis Ogah Rapat Paripurna

Saat Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto tengah melancong ke Amerika Serikat, dan Wakil Walikota Usmar Harimar sedang melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci Mekah, para kepala kepala dinas ikut kompak absen hadir di rapat paripurna DPRD Kota Bogor. Bak pribahasa, guru kencing berdiri dan murid kencing berlari, pucuk pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini malah mengikuti jejak walikota yang saat itu juga tidak hadir.

Tak pelak, hal ini membuat Ketua DPRD Kota Bogor, Untung Maryono murka. Demikian juga jajaran anggota legislator lainnya. Pimpinan lembaga wakil rakyat Kota Bogor ini gerah merasa tidak dihargai jajaran eksekutif. Untung mengatakan masih bisa memaklumi ketidakhadiran Wakil Walikota Usmar Harimar karena tengah umroh. Namun, terkait agenda Bima Arya yang bertolak ke Negeri Paman Sam, Ketua DPRD Kota Bogor tersebut mengaku tidak tahu. Ditambah lagi, pimpinan dinas yang malah ikut ramai-ramai ogah hadir di rapat paripurna tanpa alasan yang jelas.

“Walikota Bima Arya tidak hadir, dan para pimpinan dinas ikut-ikutan tidak hadir. Apa ini maksudnya? Mereka itu kan pelayan rakyat. Luar biasa merka ini,” sindir Untung Maryono kesal saat diwawancarai indeksberita.com, Kamis (11/5/).

Politisi PDI Perjuangan tersebut berjanji akan menegur Walikota Bima Arya sepulang jalan-jalan dari Amerika. Dia akan minta Bima mengevaluasi anak buahnya yang dinilai tak memiliki tanggungjawab sebagai abdi rakyat.

“Ketidakhadiran para kepala dinas di rapat paripurna di gedung dewan tersebut, jelas keterlaluan. Mereka tidak sadar kalau digaji rakyat? Para kepala dinas tidak hadir tanpa alasan, semua cari muka kepada Walikota, dan perlu diingat ini harus dievaluasi. Ini hampir 20 kepala SKPD takutnya​ bukan sama walikota,  tapi takut diganti jabatan,” tandas Untung.

Sebagai informasi, pada rapat paripurna kemarin hanya dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Sementara, Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Pekerjaan Umum dan  Penataan Ruang (DPUPR) absen hadir, namun sudah memberi tahu dan Untung memaklumi.

Walaupun banyak yang tidak hadir, sidang paripurna DPRD dipimpin oleh Untung Maryono dibuka dan dilaksanakan. Dalam rapat paripurna pembukaan masa sidang kedua tersebut disampaikan hasil reses para anggota DPRD di daerah pemilihan (Dapil) masing masing yang dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD, Heri Cahyono.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait