Sabtu, 10 Desember 22

Tingkatkan Mobilitas Global, UII Gelar Acara Global Mobility Expo

JOGJA – Untuk meningkatkan potensi dan peran mahasiswa dalam dunia akademik global, Universitas Islam Indonesia (UII) bekerjasama dengan alumninya menyelenggarakan acara UII Global Mobility Expo 2016, 30-31 Maret 2016. Acara itu digelar di Gedung Unishop Komplek Kampus Terpadu UII, Jl Kaliurang Km 45, Yogyakarta.

Peserta expo terdiri dari Komunitas Alumni UII, Kantor Mancanegara UII, konsultan pendidikan, pengelola beasiswa, lembaga kursus bahasa, serta perguruan tinggi dari sejumlah Negara seperti Inggris, Belanda, Australia, Korea Selatan, Thailand, dan lain-lain.

Rektor UII Harsoyo menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk menambah daya saing mahasiswa UII.

Semakin terbukanya hubungan dan mobilitas antar negara dalam berbagai aspek, terutama ketika Masyarakat Ekonomi ASEAN diberlakukan sejak awal tahun, menuntut masyarakat Indonesia termasuk mahasiswa UII untuk meningkatkan kapasitasnya.

“Semua pihak akan berlomba-lomba masuk ke Negara mana mereka kehendaki. Artinya sudah borderless (tanpa batas). Sekarang kita kan baru ASEAN ya, nanti 2020 Indonesia akan meratifikasi itu, jadi mau tidak mau suka tidak suka, kita akan terlibat secara global. Jadi kalau kita tidak mempersiapkan dari sekarang, kita bisa ketinggalan sama pihak lain”, ujarnya.

Harsoyo menambahkan bahwa kedepannya diharapkan pemangku kepentingan UII memiliki akses informasi yang lebih luas dalam hal mobilitas global, baik gelar akademiki ganda, pertukaran pelajar, peluang beasiswa, peningkatan keterampilan maupun relasi antar warga negara.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait