Selasa, 24 Mei 22

Terkendala Jarak, KPUD Nunukan Lakukan Verifikasi Parpol Melalui Video Call

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Nunukan hingga Rabu (31/1/2018) masih melakukan verifikasi Parpol peserta pemilu. Namun ada yang unik saat KPUD melakukan verifikasi keanggotaan, yakni beberapa anggota Parpol menjalani verifikasi melalui video call.

Hal tersebut terjadi saat KPUD Nunukan melalukan verifikasi keanggotaan terhadap salah seorang kader DPD Partai NasDem Kabupaten Nunukan yang berdomisili di Kecamatan Krayan.

Komisioner KPU Kalimantan Utara Suryanata mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan mengingat jarak dan waktu yang harus ditempuh cukup jauh sehingga KPUD memberi kemudahan kepada partai politik yang akan menjalani verifikasi untuk menggunakan sarana tersebut.

Proses verifikasi Parpol melalui video call di Kantor DPD Partai NasDem Nunukan
Proses verifikasi Parpol melalui video call di Kantor DPD Partai NasDem Nunukan

“Dan ini memah sudah di tetapkan melalui PKPU. Bahwa apabila yang bersangkutan tidak dapat hadir saat verifikasi, maka diperbolehkan menggunakan sarana video call,” papar Surya, Rabu (31/1/2018).

Namun untuk menggunakan video call dalam menjalani verifikasi,lanjut Surya, ada syarat-syarat yang sudah ditetapkan sehingga verifikasi dengan video call tersebut dapat di akui keabsahanya.

“Anggota Parpol (yang akan menjalani verifikasi dengan video call) tersebut harus menunjukan KTP, Kartu Tanda Anggota (KTA) serta surat keterangan yang menyebabkan yang bersangkutan harus menggunakan video call saat verivikasi,” tandas Surya.

Untuk dinyatakan lolos sebagai partai peserta pemilu 2019, KPUD Kabupaten akan melakukan verifikasi terhadap 15 partai politik yakni ; Partai NasDem, PDI Perjuangan, Gerindra, Demokrat, PPP, PKB, Hanura, PKS, PBB, PKPI, Golkar dan PAN. KPUD Nunukan juga akan melakukan verifikasi terhadap 3 parpol baru peserta pemilu yakni Perindo, Partai Garuda dan Partai Berkarya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait