Jumat, 30 September 22

TB Hasanuddin Minta ForBALI Waspada terhadap Infiltrasi

“ForBALI harus hindari infiltrasi dari pihak luar yang akan merusak perjuangan mereka,

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin menilai, protes yang dilakukan Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi (ForBALI) hal yang wajar dalam era demokrasi.

Dirinya hanya meminta agar aksi tersebut tidak memuat isu separatisme seperti ancaman untuk keluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Itu sah saja, protes juga dibolehkan, hanya saja, jangan sampai bergeser pada isu separatisme,” kata Tubagus Hasanuddin dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9).

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini juga menyayangkan ada pihak yang coba memelintir pendapatnya terkait perjuangan yang dilakukan oleh ForBALI.

“Saya hanya menyayangkan. Itu bisa bahaya. Terkait pemberitaan untuk mengusut aktivis ForBALI itu dipelintir, saya juga menyayangkan itu,” tegas TB Hasanuddin.

Dia juga meminta, kalau sampai bergeser pada isu separatisme, negara berhak untuk melakukan proses hukum.

“ForBALI harus hindari infiltrasi dari pihak luar yang akan merusak perjuangan mereka,” tegasnya.

Adapun yang dimaksud TB Hasanuddin adalah manuver dari akun twitter @banaspati2001 yang memposting foto rangkaian dari aksi anarkis pembakaran ban di 12 tempat wisata dan penurunan Bendera Merah Putih di Gedung DPRD Provinsi Bali pada 25 Agustus lalu.

Sebelumnya diberitakan, TB Hasanuddin dituding sebagai tokoh yang mendukung reklamasi Teluk Benoa. Ia membantah tegas tudingan itu.

Mantan ajudan Presiden Habibie itu juga dituding melemahkan gerakan ForBALI.

“Saya tidak dalam posisi pro maupun kontra terhadap reklamasi Teluk Benoa. Pertama, saya hanya mengingatkan agar ForBALI mewaspadai adanya infiltrasi yang bisa memupuskan perjuangan mereka. Kedua, silahkan menyampaikan aspirasi, asalkan jangan menyatakan ancaman yang bisa menciptakan disintegrasi bangsa,” pungkas TB Hasanuddin.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait