Kamis, 30 Juni 22

Survey SMRC: Jika Masyarakat Tetap Puas, Jokowi Sulit Dibendung

Direktur Program lembaga Saiful Mujani: Research and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas mengatakan, jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat mempertahankan tingkat kepuasan publik yang tinggi terhadap kinerjanya, maka Jokowi akan sulit dibendung terpilih kembali untuk masa jabatan berikutnya lewat pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Hal itu dikatakan Sirojudin saat memaparkan hasil survey nasional SMRC “Kinerja Pemerintah, Dua Tahun Pilpres” di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/7/2016).

Hasil survey SMRC, 22-28 Juni 2016, menunjukkan tingkat dukungan terhadap Jokowi semakin menguat, sebagaimana terlihat dalam tingkat elektabilitasnya.

Sirojudin menilai, ada indikasi kuat bahwa penguatan elektabilitas ini memiliki hubungan signifikan dengan tingginya kepuasan publik atas kinerja Jokowi.

Seperti diketahui, berdasarkan survey SMRC sebanyak 67% warga Indonesia menyatakan puas dengan kinerja Jokowi. Sementara, hanya 30% warga menyatakan kurang/tidak puas.

“jika sebagian besar publik puas dengan kinerja Jokowi hingga menjelang hari pemilihan presiden 2019, maka Jokowi susah dibendung untuk kembali jadi presiden untuk periode kedua,” kata Sirojudin.

Hal itu tergambar saat responden ditanya dengan  teknik “top of mind”(responden diminta menyebut nama tanpa membaca daftar nama kandidat), persentase warga yang menyatakan akan memilih Jokowi sebagai Presiden kalau pemilu dilakukan sekarang mencapai 32,4%. 

“Ini merupakan peningkatan signifikan dari Desember 2015 yang angkanya baru mencapai 21,4%,” imbuhnya.

Tokoh lainnya yang paling dekat selisih suaranya adalah Prabowo Subianto yang dipilih 9,4% warga. Angka itu merupakan penurunan dari Desember 2015 yang mencapai 11,8%.

Sementara, ketika responden ditanya dengan menggunakan daftar nama kandidat, persentase warga yang memilih Jokowi  meningkat menjadi 44,0%. Sedangkan yang memilih Prabowo sebanyak 15,3%.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait