Rabu, 6 Juli 22

Sofyan Djalil Berikan Kuliah Umum Kepada CPNS Kementerian ATR / BPN

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil berikan kuliah umum kepada CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Kementerian ATR/BPN pada hari Kamis, 3 Mei 2018. Acara Kuliah Umum ini diikuti oleh 274 CPNS, sekaligus untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo yang sudah memberikan Kuliah Umum sebelumnya.

“Saudara hari ini dipilih disini adalah yang terbaik. Secara umum rekrutmen Kementerian ATR/BPN sudah bagus, standar sudah sama seperti instansi lain.” Ujar Sofyan Djalil kepada peserta Kuliah Umum.

Dalam pemberian ceramah, Menteri ATR/BPN berbagi ilmu dan pengalaman yang berharga kepada calon-calon penerus bangsa. Ia juga memberkani pesan mengenai proses perjalanan karir, yang menurutnya harus dilalui secara bertahap dan tidak instan.

“Karir itu harus dibangun dari bawah. Tidak seperti roket, melainkan seperti harga saham di pasar, yang pada umumnya jatuh bangun.” ujarnya.

Pesan-pesan yang disampaikan bertujuan untuk memotivasi dan memberi dorongan moral kepada calon PNS guna menghadapi berbagai tantangan yang di depan mata. Adapun pesan-Pesan tersebut adalah sebagai beikut:

Pertama jaga integritas, Kedua, berpikir bagaimana menciptakan nilai tambah, seperti orang Jepang; bila disuruh pekerjaan a, b,c maka harus dikerjakan a sampai z, dan itu attitude yang dibangun semua orang. Serta Ketiga adalah ketrampilan atau skill dalam membina hubungan dengan semua orang termasuk rekan dan atasan.

“Pemerintah menaruhkan harapan kepada kalian semua, demi ATR/BPN yang lebih baik.” Tutur Sofyan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian ATR/BPN.

Di kesempatan yang sama, Menteri menambahkan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki peran penting untuk menyatukan dan menghilangkan rasa perbedaan. Setelah kuliah umum, rangkaian kegiatan lainnya antar lain : Paparan tentang PTSL dan Reforma Agraria, Sertipikasi Tanah Wakaf dan tempat Peribadatan, yang diwakilkan oleh Kakanwil BPN Provinsi Jawa Tengah, Sulawesi Tengah dan Papua,

Pengarahan Menteri kepada seluruh Kakanwil BPN Provinsi seluruh Indonesia. Kemudian dilanjuti dengan peninjauan jogging track dan penanaman pohon, dan terakhir Kick Off pertandingan sepak bola di lingkungan internal Kementerian ATR/BPN.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait