Selasa, 5 Juli 22

Ini Sketsa Pelaku Teror Terhadap Novel Baswedan

Indeksberita – Jakarta – Polda Metro Jaya berhasil merilis sketsa dua wajah yang diduga sebai pelaku teror terhadap Novel Baswedan. Seperti kita ketahui, N9bel Baswedan, penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), wajahnya disiram air keras oleh orang tak dikenal.

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis menunjukan rilis Sketsa para pelaku tersebut saat selepas ia dan beberapa penyidik menemui pimpinan KPK, Agus Rahardjo, di kantor KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2017).

“Kalau dari hasil keterangan saksi ini sudah 90 persen. Ini terlibat dalam penyerangan Novel Baswedan,” papar Idham.

Untuk mengungkap kasus Novel, lanjut Idham, pohaknya sudah membentuk tim penyelidikan dan penyidikan dengan jumlah 167 penyidik dan memeriksa sekitar 66 saksi.

“Dari beberapa saksi yang kita lakukan sejak dua tiga bulan belakangan ini, lalu mengerucutlah pada dua orang yang diduga sebagai pelaku penyiraman terhadap korban,” kata Idham.

IMG-20171124-WA0223

Idham juga mengungkapkan, dua sketsa wajah pelaku itu muncul dari keterangan dua saksi, yaitu S dan SN. Sketsa tersebut diperhalus dengan meminta bantuan Inafis Mabes Polri dan Australian Federal Police.

“Untuk tunjukkan keseriusan saya tidak tugaskan penyidik ini di tugas lain tapi mereka fokus penanganan penyelidikan Novel. Penyidik yang dikerahkan tidak hanya dari Polres, Polda, tetapi juga Mabes Polri dan diawasi langsung oleh Kadiv Propam Mabes Polri,” paparnya.

Menurut Idham,masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam membantu keplosian untuk mengungkap kasus Novel. Idham menambahkan, pihaknya membuka hotline bagi masyarakat yang ingin menyampaikan informasi terkait wajah tersebut. Masyarakat bisa menghubungi nomor telepon 081398844474.

“24 jam ada operatornya, ada ruangannya di Polda Metro Jaya. Kami berharap bantuan masyarakat untuk bisa memberi info kepada jajaran Polda Metro atau kepada teman-teman di KPK,” pungkasnya.

Terkait satu dari dua orang saksi berinisial SN yang disebutkan Polisi, banyak presepsi publik yang mengarah pada Setya Novanto yang saat ini ditahan di Rutan KPK atas dugaan keterlibatanya dalam mega korupsi e-KTP.

Namun setelah dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah memastikan bahwa saksi SN yang memberikan informasi kepada penyidik Polri bukanlah Setya Novanto.

“Bukan (Setya Novanto). Dari informasi yang saya terima itu orang yang berbeda,” ujar Febri.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait