Senin, 27 Juni 22

Sidak ke Vihara, Wagub Djarot Sampaikan Rasa Prihatin

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Vihara Dharma Bhakti di Jalan Kemenangan III, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (18/6).

Setelah melihat seluruh isi vihara berusia empat setengah abad tersebut, Djarot menyampaikan rasa keprihatinan dengan kondisi bangunan yang terbakar pada 2015 dan belum juga diperbaiki.

“Ini kunjungan kedua, pascakebakaran tahun lalu saya sudah datang sekali. Ini belum juga diperbaiki,” kata Djarot.

Menurut dia, untuk memperbaiki bangunan yang digunakan umat Buddha dan Kong Hu Chu itu bersembahyang tak gampang karena harus melibatkan instansi yang mengerti sejarah. Bangunan tersebut masuk sebagai bangunan cagar budaya.

“Jadi begini, setelah ini saya akan minta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI mendampingi untuk perbaikan bangunan ini dan arkeolog juga. Ini ‘kan cagar budaya,” kata Djarot.

Wagub juga menyampaikan kekagumannya terhadap bangunan yang hampir keseluruhan berwarna merah itu. Walau sudah terbakar, tiang-tiang pancang dari bangunan itu hingga kini masih kokoh berdiri.

“Hebat ini ya tiangnya. Kayunya kokoh. Kalau diperbaiki kayunya harus tetap ini. Masih bisa ini digunakan,” kata Djarot.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait