Sabtu, 3 Desember 22

Siap Uji Coba, Metro Kapsul Penuhi Janji Pada Jokowi

Pengembangan transportasi massal Metro Kapsul menujukkan perkembangan yang pesat selama dua tahun ini. MOda transportasi yang digadang-gadang mampu mengurai kemacetan kota besar ini melakukan serangkaian penyempurnaan desain dan pengujian internal untuk menghasilkan produk yang memiliki kandungan lokal sangat tinggi dan dibangun oleh tenaga ahli dalam negeri dengan desain dalam negeri pula.

“Saat ini proses pembangunan purwarupa dan fasilitas pengujian telah selesai dilakukan dan serangkaian pengujian untuk memastikan fungsional, keselamatan dan reliabilitas telah mencapai tingkatan yang diinginkan,” jelas Direktur Operasi Trekka, Leonnardo Feneri di Jakarta, Senin (30/5).

Metro Kapsul adalah moda transportasi publik karya anak bangsa berbasis jalur khusus yang dapat dibangun di perkotaan yang disesuaikan dengan kondisi eksisting perkotaan di Indonesia.

“Dengan sematan teknologi yang mumpuni, maka Metro Kapsul memberikan sebuah alternatif sistem transportasi publik yang lebih ramah lingkungan dan dapat dibangun dengan ekonomis untuk membantu memecahkan masalah kemacetan yang telah menyebar di hampir seluruh kota besar di dunia,” ujarnya.

Presiden RI Joko Widodo saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta pernah melihat langsung mock-up Metro Kapsul di Desa Bunihayu,Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang dimana saat masih dalam proses desain. Sekarang, Metro Kapsul sudah siap untuk diujicobakan.

Selain sebagai pemenuhan janji kepada Jokowi, maka Metro Kapsul akan segera menyampaikan perkembangan ini kepada pihak-pihak terkait dari pemerintah, di antaranya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian untuk langkah-langkah berikutnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait