Rabu, 25 Mei 22

Shohibul Siregar: Direktur PT Bank Sumut Sebaiknya Mundur

Dr Shohibul Anshor, Direktur Pengembangan Basis Sosial Inisiatif dan Swadaya, meminta Ester Junita Ginting mundur dari jabatannya sebagai diirektur pemasaran Bank Sumut, karena kehadirannya di acara Rakernas PDI Perjuangan di Kemayoran Jakarta 10 Januari 2016. Ester Junita dianggap melanggar kepatutan sebagai pegawai dan direksi BUMD.

Menurut Shohibul Siregar,kehadiran pejabat perbankan milik negara atau daerah dalam ajang partai politik bisa menghilangkan independensi dan kepercayaan masyakarat terhadap bank
“Sebagai pegawai BUMD dan menjabat direksi, tidak diperkenankan menghadiri acara partai politik kecuali atas penugasan”.

“Kehadiran Ester juga menabrak Peraturan Daerah Sumut nomor 5 tahun 2003 tentang Pembentukan dan Pengelolaan BUMD Sumut,” tutur Dr. Shihibul Ansor yang dikenal pula sebagai peneliti Universitas Muhamadyah Sumut. Lalu dia melalanjutkan:
” kehadiran ester di Rakernas PDIP bukti nyata partai politik masih terus menggoda sumber daya manusia yang dinilai bermanfaat buat partai”.

“Selain itu Ester juga tercatat sebagai aktivis Pospera, organisasi relawan pemenangan Jokowi, jelas tindakan Ester itu sudah menabrak semua etika sebagai pejabat BUMD. Karena itu kami mendesak sebaiknya Ester mundur dari jabatannya di Bank Sumut jika memilih jalan politik.”

Direktur Bank Sumut Edy Rizlianto sendiri belum mengetahui kegiatan Ester diluar jabatannya sebagai direksi dan meminta wartawan untuk menghubungi Sekretaris Korporasi Bank Sumut Erwin Zaini. Dan Erwin Zaini menjelaskan:
“Sampai hari ini belum ada penjelasan atau klarifikasi tertulis mengenai kehadiran beliau di acara partai. Namun kami perlu jelaskan, beliau hadir ke acara partai itu pribadi beliau,tidak ada hubungannya dengan Bank Sumut,”

Sebelumnya Gerakan Masyarakat Peduli Sumut berunjuk rasa di Gedung Bank Indonesia. Mereka menuntut Ester dicopot karena dianggap tidak independen sebagai karyawan bank bumn.
Dalam unjuk rasa tersebut, para pengunjuk rasa menunjukkan foto Ester bersama pengurus PDIP, yang diposting ke media sosial oleh pengurus PDI Perjuangan sendiri. Dalam foto itu tampak Ester bersama Maruarar Sirait saat Rakernas PDIP di Kemayoran Jakarta.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait