Rabu, 6 Juli 22

Salah Satu Syarat Nikah di Nunukan Adalah SK Bebas Narkoba

Perang terhadap penyalahgunaan narkotika terus digelorakan berbagai elemen. Salah satunya adalah Kantor Urusan Agama Kabupaten Nunukan, yang menjadikan SK Bebas Narkoba sebagai salah satu syarat nikah di Nunukan.

Melalui petikan surat yang diterima redaksi, Jumat (26/1/2018), Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Nunukan menerbitkan surat yang ditujukan kepada semua Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Nunukan bahwa salah satu persyaratan untuk menikah di KUA Nunukan adalah menyertakan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari BNN.

Surat yang ditandatangani Kepala KUA Nunukan Salahuddin tersebut, mengatakan bahwa dikeluarkannya kebijakan itu adalah sebagai bentuk partisipasi dalam Pencehahan, Pemberantasan, Penggunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sebagaimana yang tertuang dalam MoU antara Kemenag Kabupaten Nunukan dengan BNN Kabupaten Nunukan.

Kebijakan tersebut juga merupakan penambahan dari Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No 11 Tahun 2007 Bab III pasal 5 butir 2 tentang Pernikahan berupa Surat Keterangan Pemerikasaan Narkoba dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten Nunukan.

“Ketentuan tersebut berlaku mulai tanggl 1 Februari 2018. Apabila ketentuan tidak dipenuhi,maka Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Nunukan tidak akan meloloskan kehendak Nikah dari yang bersangkutan,” demikian bunyi salah satu kutipan surat tersebut.

Walaupun surat tersebut bersifat Biasa, namun Kemenag Kabupaten Nunukan dalam hal ini Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Nunukan meminta kepada semua lapisan masyarakat untuk mendukung kebijakan itu.

“(Ini) demi menciptakan keluarga yang sakinah, mawadah dan warrahmah serta mewujudkan Kabupaten Nunukan yang bebas Narkoba,” pungkas petikan surat tersebut.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait