Kamis, 1 Desember 22

Ribuan Pelajar Sambut Kedatangan Raja Swedia di Kota Bogor

Kedatangan Raja Swedia Carl XVI Gustaf bersama Ratu Silvia di Kota Bogor disambut ribuan pelajar Kota Bogor yang berjajar di Jalan Juanda, tepi Istana Bogor dengan mengibarkan bendera merah putih, Senin (22/5/2017). Para pelajar tersebut dikerahkan oleh Dinas Pendidikan Kota Bogor dan diberi tugas sebagai penerima tamu di Istana Bogor. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Fahrudin.

Selain menggunakan seragam sekolah, beberapa pelajar juga mengenakan pakaian adat agar tampil lebih menarik. Siswi SMPN 20, Rita mengaku senang bisa ikut menyambut Raja Swedia meski sebelumnya harus menunggu.

“Kita senang bisa melihat langsung Raja dan Ratu Swedia meski di dalam mobil Raja dan Ratu Swedia melambaikan tangan kepada anak-anak saat melintas dihadapan anak-anak,” kata Rita kepada indeksberita.com di Jalan Djuanda, Kota Bogor, Senin (22/5/2017).

Dalam lawatannya ke Kota Bogor, selain berkunjung ke Istana Bogor, Raja Carl dan Ratu Silvia juga dijadwalkan akan mengunjungi pusat penelitian hutan internasional The Center for International Forestry Research (CIFOR), di kawasan Dramaga, Kota Bogor. Di sana, mereka akan berbagi pengetahuan dalam penelitian dan pengembangan kehutanan antara Indonesia dengan Swedia.

Informasi yang dihimpun, CIFOR, Swedia dan Indonesia sudah lama menjalin kerjasama dalam penelitian dan inovasi kehutanan. Hubungan antara CIFOR dan Swedia berawal dari pendirian institusi tersebut tahun 1993 oleh Swedia, Swiss, Australia dan Amerika Serikat bersama Pemerintah Indonesia.

Direktur Jenderal CIFOR saat ini Peter Holmgren merupakan warga negara Swedia. Selain itu, CIFOR juga menjadi tuan rumah Divisi Asia Agroforestri Asia Tenggara (ICRAF) yang dipimpin seorang direktur dari Swedia yakni Prof Ingrid Oborn.

Sekitar pukul 11.00 WIB, Raja Swedia tiba di Istana Bogor yang disambut upacara kenegaraan. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Presiden Jokowi yang baru tiba di Tanah Air dari kunjungannya ke Arab Saudi dalam rangka KTT Arab Islam Amerika, langsung melakukan upacara kenegaraan untuk menyambut kedatangan Raja Swedia Carl XVI Gustaf bersama Ratu Silvia.

Raja Carl XVI Gustaf bersama Jokowi ┬ádikabarkan berjalan kaki dilingkungan di kebun Istana Kepresidenan Bogor sambil menunjukkan patung ‘Tangan Tuhan’ yang ada di kebun tersebut.

Ada alasan Jokowi menunjukan Patung Tangan Tuhan. Karena, patung tersebut adalah hasil karya pemahat asal Swedia bernama Carl Miles. Carl membuatnya sebagai hadiah untuk pemerintah Indonesia pada 1957.

Di Istana Bogor, Raja Carl XVI Gustaf menanam pohon di kebun Istana Bogor bersama Presiden Joko Widodo. Hal tersebut sudah menjadi salah satu kegiatan yang cukup sering dilakukan kepala negara tetangga apabila menemui Jokowi.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait