Kamis, 7 Juli 22

Ratusan Massa Aksi AMPB Kepung Kantor Bupati Bogor

BOGOR – Ratusan massa aksi yang tergabung dalam Aliansi masyarakat Penyelamat Bogor (AMPB) mengontrog Komplek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor di Jalan Tegar beriman, Cibinong, Kamis (1/9/2016). Pengunjuk rasa dari beberapa elemen yang berasal dari sejumlah wilayah tersebut memprotes lowongnya kursi wakil bupati Bogor.

Tidak hanya itu, massa juga mendesak Bupati Bogor segera menuntaskan beragam persoalan mulai dari buruknya infrastruktur jalan, abainya masalah pendidikan, UMK buruh hingga penggusuran PKL.

Kedatangan pendemo didepan gerbang Komplek Bupati Bogor tersebut sempat dihadang barikade aparat kepolisian. Tidak hadirnya bupati dan anggota DPRD Kabupaten Bogor makin membuat para pendemo meradang.

Massa pun merangsek barikade petugas. Dorong mendorong terjadi dan nyaris terjadi bentrokan. Adu fisik antara pengunjuk rasa dan aparat akhirnya bisa dihindari setelah petugas Polres Bogor bernegosiasi dengan pengunjuk rasa.

“Kabupaten Bogor ini sudah salah urus. Banyak masalah sosial yang dibiarkan. Akibatnya, rakyat kecil yang jadi korban. Sementara, para pejabatnya malah menikmati dari rasa nyaman derita masyarakat. Kami menuntut Bupati Nurhayanti dan DPRD Kabupaten Bogor untuk segera memilih Wakil Bupati Bogor,” teriak Ketua AMPB Ruhiyat dalam orasinya.

Sementara, salah satu mantan aktivis Forkot, Ali Taufan Vinaya ikut mengecam buruknya pelayanan publik. Ia juga secara gamblang menyebut peran DPRD Kabupaten Bogor yang disebutnya tumpul dalam melakukan pengawasan.

“Sebutan visi Kabupaten Bogor menjadi kabupaten termaju, bohong besar. Realita, meski PAD besar, tapi masyarakatnya malah dimiskinkan akibat kebijakan yang tidak berpihak pada rakyat. Banyaknya infrastruktur jalan yang rusak, minimnya fasilitas sekolah, tingginya angka putus sekolah hingga penggusuran PKL tanpa diberi pilihan kemudahan mencari nafkah merupakan bukti rapor merah eksekutif mau pun legislatif,” ujar saat berorasi.

Massa aksi yang menggelar unjuk rasa sejak pukul 14.00 WIB itu terus bertahan di depan gerbang Komplek Bupati Bogor, Jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor hingga pukul 16.00 sore.

Pantauan indeksberita.com, ratusan petugas gabungan Polres Bogor dan Satpol PP Kabupaten Bogor terlihat berjaga-jaga di lokasi demo. Mobil penghalau massa pun juga ikut disiagakan. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait