Senin, 27 Juni 22

PT Unilever Dan PTPN Sepakai Produksi Minyak Sawit Berkelanjutan

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) dan PT Unilever Indonesia Tbk sepakat untuk bekerjasama dalam memroduksi minyak sawit berkelanjutan. Dalam rilis yang diterima redaksi, Selasa (30/1/2018), kerjasama tersebut selaras dengan prinsip nol deforestasi, nol gambut, nol eksploitasi atau yang dikenal dengan NDPE (No Deforestation, No Peat and No Exploitation).

“Disamping itu, melalui kemitraan tersebut, diharapkan para petani kelapa sawit dapat meningkatkan hasil panen serta memperbaiki tingkat kesejahteraan mereka,” ujar Chief Supply Chain Officer Unilever Marc Engel dalam rilis tersebut.

Engel memaparkan bahwa dalam operasi nantinya PTPN akan memberikan akses bagi Unilever ke wilayah pabrik (Pengelola Kelapa Sawit) dan basis petani pemasok PTPN.

“Sedangkan Unilever akan memberikan pembinaan, pendanaan, dan pendampingan teknis kepada pabrik dan para petani tersebut agar mampu mendapatkan sertifikasi kelapa sawit yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Dengan dukungan tersebut, lanjut Engel, kedepan diharapkan para petani kecil berada pada posisi yang lebih baik dalam rantai pasokan minyak kelapa sawit seraya meningkatkan kemampuan para petani dalam memproduksi minyak kelapa sawit sesuai standar yang ramah sosial dan lingkungan.

Dengan terjalinya kemitraan tersebut, menurut Engel, Unilever berkeyakinan kerjasama tersebut akan membawa dampak positif, baik dari perspektif lingkungan, sosial dan ekonomi di Indonesia.

“MoU dengan PTPN adalah pertama kalinya kami dapat menerapkan model produce-protect dengan skala yang lebih besar. Tapi pada intinya, kami berupaya memasyarakatkan minyak sawit berkelanjutan dengan melibatkan diri dalam berbagai kemitraan untuk membantu petani kecil,” pungkasnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait