Minggu, 25 September 22

PT KAI DAOP VI Mulai Rencanakan Penataan Kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta

Yogyakarta – Kepala PT KAI Daerah Operasi (DAOP) VI Yogyakarta Hendy Helmi mengatakan, pihaknya sedang berencana melakukan pembenahan logistik dan penataan kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta. Hal ini dimaksudkan agar stasiun kebanggaan warga Yogya dan kawasan sekitarnya menjadi lebih tertata sehingga berdampak positif bagi pembangunan ekonomi Yogya secara keseluruhan. Terlebih, stasiun Tugu merupakan wajah depan kota Yogya selama ini. Rencana tersebut saat ini sedang digodok dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Hendy menjelaskan bahwa nantinya penataan akan dimulai dari wajah depan, yaitu sisi timur stasiun yang terletak di Jl. Mangkubumi, kemudian dilanjutkan pada sisi selatan yang terletak di Jl. Pasar Kembang yang akan dijadikan pedestrian.

Sarana pedestrian akan dibangun dengan lebar 6-8 meter menjorok dari depan masuk ke dalam, demi memudahkan akses masyarakat baik dari dan menuju pintu sisi selatan stasiun. Total anggaran untuk pembangunan sarana ini diperkirakan sebesar 15 milyar.

Menurut Hendy, penataan sisi selatan stasiun, Daop VI Yogyakarta akan bekerjasama dengan Damri untuk membangun shuttle pemadumoda-nya dan Dinas Pariwisata dalam pembangunan Sentra Turis.

Selain itu, ditambahkan Hendy bahwa kemungkinan nantinya akan ada pelebaran jalan dari depan pintu selatan stasiun hingga perempatan Jl. Abu bakar Ali sepanjang 800 m.

Dengan total anggaran sebesar 6-7 triliun, pembangunan kawasan dimulai dengan penertiban di areal kawasan pembangunan dan dimungkinkan untuk selesai pada tahun 2017. Untuk para pedagang yang terkena dampak penataan dan pembangunan, Hendy mengatakan bahwa nanti pihak DAOP VI akan ajak berdiskusi bersama dan meminta Pemerintah dan Keraton untuk melindungi.

“Stasiun ini kan salah satu wajah depan Yogyakarta ya. Bagaimana investor berminat membangun di kawasan kita kalo lingkungan ini gak tertata. Bagaimana juga nantinya kawasan ini bisa manfaat”, tambahnya saat ditemui setelah Upacara Bendera dalam memperingati HUT RI ke 71 pada pukul 10.05 WIB di halaman timur stasiun Yogyakarta (17/8).

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait