Rabu, 7 Desember 22

Presiden Akan Lantik Tito Karnavian Rabu

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik Komjen Pol Tito Karnavian sebagai Kapolri baru yang akan menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti pada Rabu (13/7) di Jakarta.

“Pelantikan Kapolri baru direncanakan Rabu siang sekitar pukul 13.30 WIB,” kata Mensesneg Pratikno usai acara halalbihalal dengan Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (11/7).

Tito telah disetujui dan ditetapkan oleh DPR menjadai Kapolri setelah mengadakan uji kelayakan dan kepatutan. Hal itu diputuskan dalam rapat paripurna DPR pada Senin (27/6).

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR dari Partai Nasdem, Taufiqulhadi, mengatakan Tito dipilih karena memiliki kombinasi pengalaman lapangan dan kapasitas intelektual yang tinggi.

Dua hal itu, menurut Taufiqulhadi, membuat Tito mampu menangani kejahatan gaya baru.

“Kejahatan di masa yang akan datang itu ialah kejahatan yang tak bisa dibayangkan lagi, tak bisa dibandingkan dengan kejahatan yang terjadi 10-20 tahun lalu. Kejahatan sekarang ini sudah menggunakan teknologi cyber, lintas negara, dan terbalut dengan cara yang sangat halus.

“Diperlukan kepala kepolisian yang memiliki kemampuan membaca semua itu, setelah kejahatan terjadi ataupun sebelum terjadi. Tito Karnavian sangat tepat di posisi tersebut,” ujarnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait