Kamis, 7 Juli 22

Presiden Lantik Siwi Sukma Adji Sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana Madya (Laksdya) Siwi Sukma Adji sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara, Rabu (23/5/2018) di . Siwi Sukma mengantikan Laksamana TNI Ade Supandi yang akan pensiun sekitar bulan Juni 2018.

Siwi Sukma dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 43/TNI/2018 yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden, Marsekal Pertama TNI Trisno Hendradi, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL.

Dalam sumpah jabatan yang dibimbing langsung oleh Presiden, Siwi berjanji akan menjalankan tugasnya dengan menjunjung tinggi sumpah prajurit TNI.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini baik langsung maupun tidak langsung dengan rupa atau dalih apa pun juga tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu kepada siaapa pun juga,” demikian bunyi sumpah yang diucapkan Siwi.

Pelantikan itu juga sekaligus menaikkan pangkat Siwi menjadi Laksamana. Dan dengan pangkat tersebut ia resmi menjadi prajurit bintang empat dan menjabat orang nomor satu di matra laut dalam tubuh TNI.

Selain dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan para Menteri di Kabinet Kerja, pelantikan Siwi juga dihadiri TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisis Budi Gunawan, Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Siwi Sukma Adji sendiri adalah Perwira kelahiran Kota Cimahi, 14 Mei 1962 yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-30 tahun 1985. Siwi menyelesaikan pendidikan militernya di Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan XXX Tahun 1985.

Sebelum dilantik jadi KSAL, Siwi menjabat sebagai Asisten Perencanaan Umum Panglima TNI. Siwi juga pernah menjadi Panglima Koarmabar menggantikan Laksda TNI Achmad Taufiqoerrochman dan Kepala Departemen Operasi KRI Untung Suropati-372.

Siwi juga pernah menjabat Palaksa KRI Teluk Sampit-515, Komandan KRI PRB-728, Komandan KRI STS-376, dan Komandan KRI Nala. Dia juga sempat menjabat sebagai Komandan KDA, Komandan Lanal Pontianak, Komandan Selapa Pusdikopsla, Komandan Satran Koarmatim, Asrena Pangkolinlamil, Asops Pangarmabar, dan Komandan Guskamlatim.

Berbagai pendidikan yang pernah ditempuh Siwi diantaranya Sus Paja tahun 1985, Tar P-4 PP. 45 Jam (1986), Dik Cawak Van Spyck (1987), Ops School (1987), Diklapa-I/SBA Angkatan ke-5 (1992), Diklapa-II/Koum Angkatan-9 (1996), Seskoal Angkatan-36 (1999), Sesko TNI Angkatan-35 (2008), dan Lemhannas RI (PPSA) Angkatan-19 pada tahun 2013.
Eddy Santry

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait