Selasa, 5 Juli 22

Posong, Ikon Baru Wisata Temanggung

Menghadapi ketidakpastian industri rokok yang berdampak pada petani tembakau, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Temangung Jawa Tengah perlu mencari alternatif usaha baru. Salah satu yang sedang dikembangkan adalah Wisata Alam Pegunungan. Menjual keindahan perkebunan tembakau di lereng gunung dan keunikan di masa panen tembakau.

Potensi wisata Temanggung tak diragukan lagi, karena kabupaten ini dianugrahi alam yang indah dan tanah yang subur, dengan lokasi yang mudah dijangkau. Terletak di tengah-tengah Jawa Tengah, membuat Temanggung mudah dicapai dari berbagai arah. Setidaknya ada dua kota besar yang dekat dengan Temanggung, yaitu Semarang (ibukota Jawa Tengah) dan Yogyakarta (ibukota DI Yogyakarta).

Potensi wisata Temanggung antara lain pada wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata minat khusus. Adanya beberapa gunung, terutama Sumbing dan Sindoro menjadikan kabupaten ini kaya wisata alam. Wisata budaya dan sejarah kian menjanjikan menyusul ditemukannya beberapa situs sejarah di Temanggung, termasu Situs Liyangan. Sementara wisata minat khusus merupakan potensi yang harus dikembangkan misalnya arum jeram, wisata tembakau dan lain-lain.

Wisata minat khusus di Temanggung yang cukup potensial adalah wisata tembakau. Komoditas andalan Temanggung ini bisa menjadi obyek wisata terutama pada musim panen atau mbakon. Jika di di perkebuna teh ada wisata tea walk di perkebunan tembakau bisa dikembangkan tobacco walk. Wisatawan bisa kita ajak ke kebun tembakau, gudang tembakau, proses merajang, tempat penjemuran, dan proses lainnya. Mengunjungi pabrik cerutu di kota Temanggung merupakan penawaran yang menyenangkan. Selain itu, kuliner dan kesenian khas Temanggung akan dihidangkan bagi wisatawan.

Potensi Wisata Tembakau:

  • Desa Legoksari, Lamuk, Kec. Tlogomulyo: Desa yang dikenal paling makmur di lereng Sumbing.
  • Pabrik Cerutu : Berada di kota Temanggung dekat terminal lama.
  • Dataran Tinggi Posong, Desa Tlahap, Kec. Kledung: Pesona hamparan tembakau di lereng Sindoro-Sumbing, dengan pemandangan 6 gunung.
  • Batik Tembakau: produksi batik khas Temanggung dengan motif tembakau.
  • Kaos Mbejujag: produsen kaos khas desain Temangung dan tembakau.
  • Kelompok kesenian kuda lumping: kesenian khas Temanggung.
  • Kuliner khas Temanggung

Posong, kawasan di lembah Gunung Sindoro, tepatnya di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Setelah lima tahun lalu dibuka sebagai tempat wisata, Posong menjadi obyek yang dikunjungi ratusan ribu wisatawan per tahun.

Posong adalah obyek wisata alam yang menampilkan pemandangan matahari terbit di antara tujuh gunung, yaitu Gunung Sindoro, Sumbing, Telomoyo, Andong, Merapi, Merbabu, dan Muria. Wisata alam Posong semacam gardu pandang, dari lereng Sindoro. Dari sini kita dapat melihat hamparan luas wilayah Temanggung yang berada di kaki gunung Sindoro-Sumbing. Udara sejuk, hutan, dan panorama lekuk liku Gunung Sindoro yang terlihat begitu jelas melengkapi pesona Posong.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait