Rabu, 27 September 23

Polri Terus Selidiki Dalang Rusuh Demo 4 November

Kepolisian RI (Polri) terus menyidik dalang kerusuhan dalam unjuk rasa sejumlah ormas keagamaan yang berakhir rusuh di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat yang berlangsung Jumat (4/11).

“Perkembangan kasus tim masih bekerja keras mengungkap aktor-aktor di balik kerusuhan 4 November. Anggota masih di lapangan. Nanti kita ungkap siapa yang memulai keonaran ini,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono, di Mapolda Metro Jaya, Senin (7/11).

Penyidik, sambung Awi, saat ini sedang melakukan pemeriksaan saksi dan menganalisa rekaman video untuk mengungkap siapa aktor di balik kerusuhan itu.

“Bagaimana polisi mendeteksi, kembali lagi kita akan memeriksa saksi-saksi sebanyak-banyaknya, pemeriksaan digital forensik video anggota di lapangan, CCTV, gambar video rekan media. Perlu waktu, nanti kami dalami” ungkapnya.

Ia menyampaikan, polisi tidak bisa serta merta menangkap seseorang, karena harus berdasarkan fakta-fakta melalui criminal justice system.

“Walau pun kita sama-sama melihat melempar, memukul, kita harus konstruksikan siapa berbuat apa. Tidak bisa main ambil (tangkap) saja. Kalau nanti ada benang merah, ada politisasi, mendanai, memerintah, menyuruh, nanti kita lihat fakta-fakta hukumnya,” tandasnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait