Minggu, 25 September 22

Polisi Taman, Nyaris Tinggal Kenangan

BOGOR – Park Ranger atau polisi taman bentukan Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, belakangan ini nyaris seperti tinggal nama. Betapa tidak, peran polisi taman berseragam kaos kerah biru dan bercelana pendek yang kesehariannya bertugas menjaga fasilitas dan sarana prasarana taman-taman yang ada di Kota Bogor kini tidak lagi terlihat.

“Setahu saya, polisi taman ini dibentuk Mei 2015 lalu dimotori Bima Arya. Tapi, belakangan ini, hampir di banyak taman, keberadaan polisi taman ini tidak lagi terlihat,” tukas Koordinator Wilayah SOS Children’s Villages Bogor, Robet Makapuan kepada indeksberita.com, Rabu (27/7/2016).

Satuan khusus Park Ranger, sambungnya, semula dibentuk atas inisiasi Walikota Bogor yang geram atas perusakan sarana prasarana dan fasilitas taman di Kota Bogor. Robert juga mengatakan, idealnya walikota tidak hanya memperbanyak pembuatan taman saja, tapi semestinya harus dilengkapi dengan sarana pendukung child center seperti tempat bermain anak dan rumah baca. Tujuannya, selain menjadi sarana bermain gratis untuk anak juga memiliki nilai edukasi cuma-cuma, apalagi sudah ada polisi taman.

“Sayangnya, pembangunan taman yang terkesan tidak memiliki konsep jelas karena tanpa keberadaan child center, kini makin tidak terjaga lantaran polisi taman juga seperti tinggal nama,” tuturnya.

Saat media online ini berniat mengkonfirmasi Kepala satpol PP Kota Bogor, Hery Karnadi terkait tidak lagi terlihatnya polisi taman, diketahui sedang tidak berada di tempat dan saat dihubungi melalui telepon juga tidak diperoleh jawaban.

Pada bagian lain lain, Wakil Walikota Bogor, Usmar Harimar menyampaikan jawaban terkait pasifnya peran polisi taman. Menurutnya, pasifnya peran polisi taman lantaran anggaran yang dicoret Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Dari hasil pemeriksaan BPK, banyak anggaran belanaja daerah Kota Bogor yang dicoret BPK. Salah satunya Satpol PP. Penganggaran untuk 150 tenaga juga ikut dicoret. Dan, itu juga terjadi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain, seperti DLLAJ. Jadi, terpaksa harus dilakukan penyesuaian,” tuturnya.

Sebagai informasi, polisi taman bentukan Bima Arya ini berkekuatan 1 peleton atau 26 personel. Satuan ini diambil dari Satpol PP Kota Bogor. Seperti namanya, satuan ini bertugas menjaga taman di tempat tersebar di Kota Bogor. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait