Rabu, 17 Agustus 22

Polda: Tidak ada Pemberitahuan Demo 25 November

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengatakan, pihaknya belum menerima pemberitahuan terkait rencana aksi demonstrasi pada hari ini, Jumat  (25/11/2016). Sesuai ketentuan, surat pemberitahuan demo harus disampaikan kepada Kepolisian tiga hari sebelum hari H.

Sebelumnya, di berbagai media beredar kabar tentang akan adanya aksi unjuk rasa lanjutan pada hari ini terkait kasus yang menimpa Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bahkan mengatakan akan menjaga ketat aksi pada 25 November 2016 lantaran berpotensi untuk berujung pada upaya penggulingan pemerintahan.

“Belum ada informasi tentang demo tanggal 25 November,” kata Awi Setiyono kepada media di Mapolda Metro Jaya, Kamis (24/11/2016).

Kendati demikian, Awi mengatakan bahwa persiapan taktis untuk antisipasi pengamanan tetap dilakukan polisi. Persiapan itu termasuk menyiagakan sedikitnya ada 5.000 personel Brimob Nusantara untuk berjaga-jaga di titik-titik yang dianggap rawan, serta 27.000 personel yang siap siaga diterjunkan bila nantinya dibutuhkan.

Pengamanan ekstra akan dilakukan di pusat-pusat keramaian, seperti di jalan protokol, di Gedung DPR, sekitar Istana Merdeka, dan pusat aktivitas masyarakat.

Awi menambahkan, salah satu bentuk antisipasi lainnya adalah dengan menggelar tactical games floor. Polisi juga telah menyebar maklumat dari Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan soal peraturan menggelar aksi unjuk rasa.

“Itu kami mapping dan bagi tugas untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pendemo turun ke jalan,” kata Awi.

Personel kepolisian, kata Awi, juga akan mengedepankan sikap persuasif dalam mengamankan situasi.

Awi selanjutnya memaparkan tentang 15 Rencana kegiatan yang akan diselenggarakan di Jakarta dan sekitarnya pada 25 November 2016, dimana 10 di antaranya berwujud unjuk rasa atau pawai massa.

Hal itu, antara lain, unjuk rasa di Kedutaan Besar Myanmar, unjuk rasa di depan Istana Negara, Kantor Kementerian Perhubungan, Kantor KPK, depan Gedung Baharkam Mabes Polri, unjuk rasa di pinggir luar Jalan Tol JORR TMII Cikunir, unjuk rasa di Gereja Santa Clara Bekasi, aksi damai di DPRD Bekasi, unjuk rasa di Kedubes RRT, unjuk rasa di PT Damco Cilincing, unjuk rasa di PT Ikapharmindo Putramas Cakung, hingga ada aksi pawai di kawasan industri Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait