Minggu, 25 September 22

Piranti Jajaki kerjasama Dengan Perguruan Tinggi Kembangkan Industri Arsitektur

PT Piranti Nusantara Teknologi (PT Piranusa) memulai kerjasamanya dengan institusi Perguruan Tinggi di Indonesia dalam upaya mendukung kegiatan belajar mengajar serta meningkatkan kemampuan mahasiswa aristektur di bidang teknologi disain.

Untuk mengawali kerja sama ini, Piranusa memberikan dukungan dalam bentuk Seminar, Kompetisi Gambar dan sejumlah Lisensi ZWCAD kepada tiga Perguruan Tinggi ternama, yaitu Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Bina Nusantara (Binus) dan Universitas Pelita Harapan (UPH).

Tiga Perguruan Tinggi ini menyambut baik untuk bekerja sama dengan perusahaan distributor resmi piranti lunak ZWCAD tersebut.

Melalui kegiatan tersebut, ZWCAD Global melakukan upaya untuk mendukung Perguruan Tinggi di
Indonesia dengan mendorong peningkatan kemahiran mereka melalui penciptaan disain yang lebih kreatif.

Seperti diketahui, persaingan di dunia kerja yang sangat kompetitif dewasa ini telah menuntut para lulusan perguruan tinggi untuk memiliki tingkat profesionalitas yang handal, yang ditandai dengan tingkat kemahiran yang tinggi di bidangnya.

Tak terkecuali, dunia arsitektur. Bidang ini juga menuntut para calon arsitek memiliki keahlian tinggi dalam penggunaan beragam jenis disain piranti lunak (software design) diantaranya teknologi CAD, sehingga mampu meningkatkan proses penciptaan design kreatifnya.

Berangkat dari keinginan tersebut, seperti dikemukakan oleh Ir. Kho Sin Hien dari PIRANUSA yang mewakili ZWSOFT (perusahaan penyedia software CAD) di pasar Indonesia, pihaknya akan mulai melakukan kerjasama dengan tiga Perguruan Tinggi Jurusan Arsitektur ternama yaitu InstitutTeknologi Bandung (ITB), Universitas Bina Nusantara (Binus) dan Universitas Pelita Harapan (UPH).

“Melalui kerjasama ini kami berharap turut berpartisipasi aktif dalam mendukung kegiatan belajar mengajar serta meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang teknologi design CAD sekaligus membantu mencetak calon arsitek muda di Indonesia yang profesional dan mahir di bidangnya,” ucapnya di Jakarta, Rabu (10/8).

Pada bulan Agustus, ZWSOFT ini resmi meluncurkan perangkat lunak CAD terbaru yaitu ZWCAD 2017. ZWCAD sendiri adalah solusi CAD dengan efisiensi biaya dan kehandalan baik untuk memenuhi kebutuhan dalam industri disain 2D/3D yang memerlukan ukuran, akurasi dan presisi.

ZWCAD hingga kini aktif digunakan di lebih dari 80 negara dan tercatat digunakan oleh lebih dari 800.000 pengguna.

Sementara itu Aswin Indraprastha, ST., MT., M.Eng., Ph.D, wakil dari Jurusan Arsitekur Institut Teknologi Bandung mengutarakan, pihaknya menyambut baik upaya PT Piranusa yang memberikan kontribusi aktif untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa arsitekturnya terutama dalam bidang teknologi disain 2D/3D.

“Peran ZWCAD dengan memperkenalkan perangkat lunak CAD terbaru yang dapat memberikan solusi CAD dengan efisiensi biaya namun tetap handal dalam memenuhi kebutuhan industri disain 2D/3D, sangat kami apresiasi .

Karena langkah tersebut memberi solusi efisiensi biaya bagi para mahasiswa arsitek kami seiring dengan makin mahalnya harga softsware CAD di pasaran belakangan ini,” jelas Aswin.

Pihak BINUS University menyambut baik rencana kegiatan kerjasama PIRANUSA dengan Program Arsitektur di BINUS University.

Saat ini kegiatan ini sedang dalam proses persiapan untuk dilaksanakan dalam waktu dekat.
Di kesempatan lain, Stanley Wangsadihardja, Kepala Jurusan Arsitektur Universitas Pelita Harapan, mendukung kegiatan ini dengan harapan setiap mahasiswa dapat mencoba berbagai perangkat lunak CAD sehingga bisa memperkaya pengalaman dan kesiapan untuk terjun di dunia arsitektur professional nantinya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait