Minggu, 14 Agustus 22

Pesawat Helly Bell TNI AD Hilang Kontak Dalam Penerbangan Tarakan-Krayan

Sebuah Pesawat Helly Bell jenis 412 EP milik TNI AD dikabarkan hilang kontak dalam penerbangan dari Tarakan menuju Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara. Pesawat tersebut berangkat dari Tarakan pukul 10.54 Wita. Waktu tempuh Tarakan-Krayan adalah 70 menit, sehingga helikopter tersebut dijadwalkan sampai Long Bawan, Krayan pada pukul 12:04 Wita.

Kepala Seksi Operasional Basarnas Kantor SAR Balikpapan, Octavianto membenarkan kabar hilangnya pesawat Helli milik TNI AD. Seusai rapat dengan Tim SAR Balikpapan dan TNI di Tarakan,  dia akan meminta persetujuan Panglima TNI melalui Komandan Lanud Tarakan, Kolonel Pnb. Umar Fathurrohman, agar dapat mengerahkan 5 buah pesawat, untuk melakukan pencarian udara. Sedangkan pencariannya sendiri akan dilaksanakan Jumat (26/11).

“Setelah disetujui panglima TNI, akan dikerahkan 5 pesawat dan personil Batalyon 614/Malinau. Pesawat yang akan dikerahkan, yakni Pelita Air Service AT 802, Susi Air C 208, NAS 332 Super Puma, CN 235, juga Pesawat Cassa AL/U 622, sebagai Search rescue Unit Udara. untuk mencari keberadaan Helly Bell tesebut” ujar Octavianto. Sedangkan fokus wilayah pencariannya, menurut Octavianto, akan dilaksanakan di kordinat dimana terakhir kehilangan kontak.

“Operasi akan dimulai dan terfokus pada koordinat yang terdeteksi beacon milik Helly saat lost kontak pada posisi 03 48′ 54″.0 N / 116 03′ 03.6″ E, ke arah Timur dari Long Bawan. Sedangkan untuk pencarian darat akan dibantu Batalyon 614/Malinau” paparnya.

Helly Bell dengan Captain Pilot Lettu Cpn Yohanes Syahputera beserta 4 orang crew (Lettu cpn Abdi, Lettu cpn Ginas, Sertu Bayu dan Praka Suyanto) sedang membawa logistik milik TNI AD untuk Satgas Pamtas yang bermarkas di Long Bawan Krayan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara tersebut.

Helly tersebut tercatat tiga kali melakukan kontak. Pertama dengan ATC Malinau sekitar pukul 11.15 wita. Kontak ke dua, pukul 11.24 Wita, dengan ATC Malinau Posisi 8 NM. Kontak terakhir Pukul 11.29 Wita, dengan ATC Malinau. Namun sejak kontak terahir sampai detik ini, Helly Bell tersebut benar- benar hilang kontak.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait