Kamis, 16 September 21

Perwira Tinggi Rendah Hati dengan Pengalaman dan Prestasi

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo pada Selasa, 10 Agustus 2020 melantik 26 perwira tinggi Polri. Dari 26 orang perwira tinggi yang dilantik, 6 orang berpangkat Inspektur Jendral, dan sisanya promosi dari Komisaris Besar menjadi Brigadir Jendral Polisi. Satu diantara dua puluh orang yang mendapat kenaikan pangkat itu Brigjend Pol. Andry Wibowo, yang mendapatkan tugas barunya sebagai Kepala Badan Intelijen Daerah Istimewa Yogyakarta.

Andry Wibowo yang lahir di Yogyakarta pada 12 Juni 1971 adalah lulusan Akpol 1993. Perjalanan karirnya di kepolisian banyak ditugaskan dalam bidang reserse. Semasa dinasnya, Andry tercatat pernah menjadi Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat dan Jakarta Utara di lingkungan Polda Metro Jaya. Menjadi Direskrimsus Polda Sulawesi Barat dan Kapolres Jakarta Timur saat berlangsungnya Pilkada DKI Jakarta tahun 2017.

Selain penugasan pada bidang reserse, Andry Wibowo juga pernah mendapatkan mandat sebagai Kepala Pusat Komando Pengendalian Operasi Polres Bekasi dan Kepala Bagian Operasi Polres Jakarta Pusat. Pengalaman dalam bidang operasi pengendalian keamanan menuntunnya meraih gelar doktor ilmu kepolisian di PTIK.

“Saya studi tentang pengendalian crowds (kerumunan), meneliti tentang crowd pada konflik suporter sepak bola antara Jakmania Persija dan Viking Persib,” jelan Andri.

Capaiannya di bidang reserse dan operasi membawanya meraih beberapa penghargaan. Andry terpilih sebagai Kasat Reskrim terbaik Polda Metro Jaya pada tahun 2006 dan Kapolres terbaik (percontohan) manajemen pengamanan Pemilu pada tahun 2014.

Ia juga memiliki pengalaman bertugas di wilayah konflik sebagai pasukan penjaga perdamaian yang tergabung dalam kontingen Garuda XIV-12 di Bosnia Herzegovina, dan operasi pemulihan keamanan di daerah bergejolak di Aceh serta Poso, Sulawesi Tengah. Selain berpengalaman pada bidang pekerjaannya, Andry Wibowo juga memiliki prestasi di bidang akademik. Skripsi sarjananya menjadi tulisan terbaik di PTIK angkatan XXXVI tahun 2001.

Dia menuntaskan sekaligus dua gelar pasca sarjananya dengan hasil cumlaude pada fakultas hukum universitas Padjajaran, dan kajian ilmu kepolisian universitas Indonesia pada tahun 2004. Kawan satu angkatannya saat menjadi mahasiswa di KIK UI adalah seniornya yang sekaligus Kapolri hari ini, Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Andry merupakan siswa terbaik pada kursus sekolah kepala kepolisian Jakarta Centre of Law Enforcement Cooperation (JCLEC) pada tahun 2013. JCLEC sendiri didesain untuk meningkatkan kapasitas kemampuan operasional para penegak hukum dalam menangani segala kejahatan lintas negara. Beberapa kali mengikuti sekolah dan kursus seperti COESPU dan FPU (Brimob) di Italia, Hak atas Kekayaan Intelektual Australia, Intelijen Canada, Community Policing di Jepang, dan ILEA Thailand.

Dengan segenap pengalaman kerja lapangan baik di pelosok daerah hingga kota besar dengan kompleksitas persoalan dan tantangannya, pendidikan baik dari dalam dan luar negeri, prestasi, serta penghargaan, membuat Andry Wibowo menjadi pribadi matang yang dimiliki Polri. Selamat bertugas jendral, selalu melayani dan tetap rendah hati.

Berita Terbaru
Berita Terkait