Selasa, 24 Mei 22

Persaingan Teman, Karib, dan Sahabat di Jakarta

Cukuplah saja berteman denganku / Janganlah kau meminta lebih / Ku tak mungkin mencintaimu / Kita berteman saja / Teman tapi mesra / Aku memang suka pada dirimu / Namun aku ada yang punya / Lebih baik kita berteman / Kita berteman saja / Teman tapi mesra (Ratu) 
Persahabatan bagai kepompong / mengubah ulat menjadi kupu-kupu / persahabatan bagai kepompong / hal yang tak mudah berubah jadi indah / Persahabatan bagai kepompong / maklumi teman hadapi perbedaan (Sindensisca)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teman adalah kata benda yang berarti kawan, sahabat. Karib adalah dekat (tentang hubungan famili); rapat dan erat (tentang persahabatan dan sebagainya), intim. Sementara sahabat adalah kata benda yang artinya  kawan, teman, dan handai.

Dalam pergaulan sehari-hari, umumnya tak semua teman bisa menjadi sahabat. Hanya teman yang kariblah yang bisa disebut sahabat. Nah, teman, karib dan sahabat kini mewarnai Pilkada DKI Jakarta 2017. Teman Ahok, Karib Agus dan Sahabat Anies. Mereka bersaing mendukung kandidat yang berbeda. Siapa paling serius memenangkan jagoannya?

Teman Ahok adalah sebuah organisasi perkumpulan relawan berkekuatan hukum yang didirikan oleh sekelompok anak muda dengan tujuan “menemani” dan  membantu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dalam visinya mewujudkan Jakarta yang bersih, maju dan manuisawi.

Juru bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas mengatakan, “Sesuai janji, kita akan kembali untuk tetap mensupport Ahok pada Pilgub 2017 mendatang. Teman Ahok masih akan tetap mengandalkan aktivasi digital, fundraising, dan creative campaign. Amalia juga menegaskan, gerakannya tidak akan ikut memperbesar isu SARA dan sentimen personal yang dapat memecah belah kelompok masyarakat.

Teman Ahok telah berkomitmen untuk ikut mengajak masyarakat Jakarta menjadi pemilih rasional. Teman Ahok menginginkan pemilih Jakarta untuk jadi standar tinggi dalam praktik berdemokrasi di Indonesia. “Kalaupun memilih Ahok, pilihlah karena memang kita mengakui kinerja dan potensi Ahok kedepan untuk Jakarta. Semangat ini yang ingin kita kembangkan kedepannya” tutur Amalia.

Kinerja Teman Ahok telah terbukti mampu mengumpulkan sejuta KTP untuk mengusung Ahok menjadi calon gubernur DKI Jakarta melalui jalur independen. Meskipun pada akhirnya Ahok maju diusung PDI Perjuangan, Partai Golkar, Nasdem dan Hanura, Teman Ahok masih berkibar dengan tagline baru: #Tetap Ahok. Mereka kini bersama pengurus partai pendukung  bersinergi memenangi Ahok-Djarot.

Karib Agus  kelompok pendukung calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono, dideklarasikan 2 Oktober 2016. Ketua Umum Karib Agus, Humbul Kristiawan mengatakan kelompok ini merupakan kumpulan para profesional muda yang akrab dengan Agus. Humbul Kristiawan, adalah karib AHY semasa sekolah di SMA Taruna Nusantara. Karib Agus akan membantu Agus dan Sylviana Murni memenangi pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2017. Menurut Humbul, Agus memiliki etos kerja dan penghargaan terhadap hak asasi manusia yang jelas. Karib Agus mayoritas anggotanya adalah kawan-kawan Agus pada masa sekolah dulu. Sebelumnya Karib Agus berdiri, ada juga ‘Agus Fans Club’ yang dimotori Sirajudin Abdul Wahab.

Sahabat Anies Baswedan juga dibentuk untuk mendukung kandidat yang diusung Partai Gerindra dan PKS pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Cawagub Sandiaga Uno mengatakan dirinya dan Anies adalah dua sahabat yang dipertemukan oleh sejarah. Tak hanya persahabatan pasangan Anies-Uno, ibu mereka juga bersahabat.

Sahabat tentu lebih karib dibanding sekadar teman. Dalam sejarah Islam ada istilah Sahabat Nabi, yaitu mereka yang mengenal dan melihat langsung Nabi Muhammad, membantu perjuangannya dan meninggal dalam keadaan Muslim. (Wikipedia Bahasa Indonesia). Para sahabat utama yang biasanya disebutkan hingga 50 sampai 60 nama, yakni mereka yang sangat dekat dengan Nabi Muhammad, sahabat bisa juga dianggap sebagai murid Nabi Muhammad.

Teman biasanya jumlahnya lebih banyak dibanding karib dan sahabat. Hal itu terbukti dengan Teman Ahok, Karib Agus dan Sahabat Anies. Teman Ahok yang jumlah relawan sangat banyak dibanding Karib Agus dan Sahabat Anies, kinerjanya sudah terbukti dengan mampu mengumpulkan sejuta KTP untuk Ahok. Selain itu, Teman Ahok juga kreatif dalam menggalang dana dan dukungan publik. Aneka barang souvenir dari topi, kaos, baju kotak-kotak sampai cangkir berlogo Teman Ahok telah terjual dengan hasil milyaran rupiah.

Kini kita tunggu kiprah Karib Agus dan Sahabat Anies yang dibentuk jauh setelah Teman Ahok. Semoga waktu sekitar lima bulan menjelang Pilkada DKI Jakarta 2017 bisa dimanfaatkan oleh Karib Agus dan Sahabat Anies untuk memperbanyak dukungan dan tetap mengedukasi publik menjadi pemilih rasional. Akhirnya, semoga persaingan antara teman, karib dan sahabat tetap sehat dan bermartabat!

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait