Senin, 3 Oktober 22

Perayaan 71 Tahun Kemerdekaan Indonesia di Luar Negeri

Perayaan 71 tahun Indonesia merdeka tidak hanya dilakukan secara meriah di dalam negeri, juga dirayakan oleh masyarakat Indonesia yang ada di luar negeri.
Indeksberita.com akan berbagi kemeriahan perayaan kemerdekaan di berbagai negara, yang diselenggarakan oleh kedutaan besar masing-masing, melalui tulisan ini.

Perayaan Kemerdekaan di Mesir

Perayaan Kemerdekaan RI di Mesir, dilakukan oleh kantor Kedutaan Besar di Kairo. Berdasarkan data yang kami peroleh, jumlah WNI di Mesir  sekitar 7000 orang, mayoritas tinggal di Kairo. Dari jumlah tersebut, sekitar 5000 orang adalah pelajar dan mahasiswa, lebih dari 1000 orang adalah tenaga kerja wanita (TKW), sisanya adalah keluarga besar KBRI, keluarga dari mahasiswa,  serta tenaga kerja asing dan ahli.

Peringatan hari kemerdekaan Indonesia di Mesir dirayakan dalam berbagai bentuk kegiatan. Kepada indeksberita.com, Helmi Fauzi, Duta Besar Republik Indonesia di Mesir (17/8/2016), menjelaskan bahwa kegiatan peringatan kemerdekaan di kedutaan besar, bukan hanya upacara saja, juga berbagai kegiatan lainnya.

“Kami mengadakan berbagai kegiatan. Memang puncak acaranya adalah upacara bendera. Tapi kami juga mengadakan lomba-lomba seperti yang ada di Indonesia juga. Dan untuk sedikit mengobati kerinduan akan Indonesia, juga ada acara menikmati hidangan Indonesia bersama-sama”

Dalam upacara peringatan detik-derik proklamasi, Helmi selaku inspektur upacara menekankan bahwa tujuan dari upacara yang dilaksanakan saat ini adalah memelihara makna kemerdekaan, serta bersyukur kepada para pendahulu bangsa yang berjuang untuk kemerdekaan.
Tidak lupa pula Helmi menjelaskan mengenai tema dari hari kemerdekaan tahun ini yaitu: Indonesia Kerja Nyata

“Peran kita sebagai Kantor Perwakilan Indonesia di Mesir, dalam segala aktivitas kenegaraan kita, harus terdepan melindungi dan melayani seluruh Warga Negara Indonesia”

Dalam akhir pidatonya Helmi Fauzi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu seluruh rangkaian penyelenggaraan peringatan hari kemerdekaan Indonesia ini. Terutama kepada para petugas pengibar bendera yang merupakan para pelajar yang berlatih terus menerus tanpa lelah.

Upacara bendera dipimpin oleh Komandan Upacara Kol. AL Kemas.  Dan diikuti oleh peserta upacara yaitu staf KBRI, staff lokal KBRI, Pelajar Indonesia Kairo, PPI Mesir. Ada juga tamu undangan, yaitu ibu-ibu DPW, Ekspatriat Indonesia yang ada di Mesir, serta undangan lainnya. Sehabis upacara, semua menikmati jamuan masakan Indonesia.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait