Rabu, 30 November 22

Perangi Radikalisme, Puluhan Ribu Warga NU Akan Gelar  Apel Akbar di Kebumen

Sekurangnya-kurangnya 10.000 warga Nahldiyin atau warga Nahdlatul Ulama (NU) direncanakan akan berkumpul di Pantai Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah pada hari Sabtu-Minggu (15-16/4/2017). Acara yang digagas oleh PW NU Jawa Tengah tersebut adalah sebagai bentuk kebersamaan dalam ketegasan melawan radikalisme dan faham yang ingin merongrong Pancasila dan NKRI.

Ketua Panitia Penyelenggara, Muzamil menuturkan, acara yang dibingkai dalam tema Apel Akbar Kesetiaan terhadap Pancasila dan NKRI tersebut digelar karena Nahdlatul Ulama menyadari bahwa kelompok-kelompok radikal yang menggunakan kesucian agama sebagai kedok pergerakanya sudah sedemikian masif dan sangat menghawatirkan keutuhan bangsa.

“Selama ini kami mungkin terlihat diam, namun kali ini kami akan buktikan bahwa kami selalu bergerak  demi Agama, Bangsa dan Negera, kami akan tunjukan bahwa NU tidak akan tinggal diam apabila Pancasila dan keutuhan NKRI diusik,” ujar Muzamil kepada awak media,Kamis (13/4/2017).

Menurut Muzamil, ketegasan semua pihak yang masih menginginkan Indonesia dan Pancasila ini utuh, sangat diperlukan dalam menangkal gerakan intoleransi dan radikalisme yang berpotensi munculnya aksi terorisme. Muzamil mencontohkan, serangan terhadap anggota Polisi di Banyumas baru-baru ini adalah karena kurang tegasnya sikap semua pihak sehingga teroris-teroris tersebut mudah beraksi.

“Oleh karena itu sudah saatnya kita harus bersikap tegas. Dan kami meminta Pemerintah juga bersikap tegas pula terhadap kelompok-kelompok radikalis tersebut, termasuk kepada ormas-ormas yang jelas- jelas anti NKRI dan Pancasila,” katanya.

Muzamil mengakui bahwa Apel Akbar tersebut memang terkesan spontanitas dan mendadak, itu karena pihaknya melihat situasi dan perkembangan dibeberapa daerah yang terjadi ahir-ahir ini. Muzamil juga memastikan,walau terkesan mendadak, namun semua prosedur telah dilewati bahkan pihaknya juga akan mengundang Panglima Kodam IV Diponegoro, Mayjen Tatang Sulaiman , sebagai salah satu pembicara dalam Apel Akbar tersebut.

Acara yang mengagendakan Doa bersama pada Sabtu malam dan Apel Kesetiaan Pancasila dan NKRI pada Minggu paginya tersebut direncanakan juga akan dihadiri Kader Penggerak NU dari luar Jawa Tengah seperti dari Jawa Timur, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Lampung, Sumatera Selatan dan Kader Penggerak NU lainya di Indonesia.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait