Kamis, 6 Oktober 22

Peran PPK Dinilai Penting untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Yogyakarta – Setelah membuka Rapat Kerja (Raker) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Desain Arah Pilwali 2017 di LPP Convention Hotel Jl. Demangan Baru No. 8, Yogya, Wawan Budiyanto Ketua KPU Yogyakarta menjelaskan pentingnya peranan PPK dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2017 mendatang.

Menurutnya, PPK adalah pihak terdekat dengan masyarakat, yaitu sebagai perekrut badan ad hoc di tingkat TPS maupun sebagai calon pemilih. Wawan menitahkan agar PPK terus berfikir dalam menyelesaikan masalah akan kurangnya partisipasi pemilih dari periode ke periode.

Menurut Wawan, salah satu syarat sukses Pilkada Kota Yogya adalah jika PPK bekerja lebih dinamis dan kreatif. Melihat kinerja PPK pada pemilu sebelumnya, Ia menilai bahwa PPK cenderung terlalu mengikuti regulasi yang ada dan kurang inisiatif sehingga ide dan strategi baru itu tidak ada.

Disamping dinamis dan kreatis, Wawan menambahkan bahwa manajemen Logistik juga tidak boleh dipandang remeh, terlebih surat suara ketika mencapai TPS. Ketika berbicara surat suara, segala aturan didalamnya sudah ada dalam peraturan perundang undangan.

“Dalam undang-undang logistik (surat suara) itu harus tepat waktu, tepat jumlah dan tepat jenis. Bisa salah ya nanti kena pidana. Contohnya Pemilu 2015 di Pekalongan, KPU disidang karena kekurangan suara. Terlepas masuk UU atau tidak, itukan bentuk pelayanan kita juga kepada pemilih. Jangan sampai bermasalah. Maka dari itu, nanti KPU coba untuk mengawasinya lagi”, pungkas Wawan.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait