Selasa, 24 Mei 22

Penjajakan Koalisi Jelang Pilkada, Demokrat Gunakan Diplomasi Mie Goreng Dekati Gerindra

BOGOR – Setelah sebelumnya pertemuan pucuk pimpinan Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Prabowo Subianto yang juga Ketua Partai Gerindra menyantap nasi goreng di Cikeas, Kabupaten Bogor. Penjajakan membangun koalisi jelang pilkada dengan cara diplomasi serupa juga sudah menggelinding di Kota Bogor, dengan disertai hidangan mie goreng; simbol panjangnya hubungan antar dua partai ini.

Wakil Walikota yang belum lama ini ditunjuk sebagai Plt DPC Partai Demokrat Kota Bogor, Usmar Harimar, baru-baru ini bersama jajaran pengurusnya sambangi sekretariat Partai Gerindra di Sempur. Setelah sebelumnya partai besutan Prabowo Subianto di Kota Bogor ini mencabut dukungan Bima Arya Sugiarto karena dinilai belum  realisasikan janji politik kepada masyarakat di daerah pertanian, Usmar sepertinya akan kembali lakukan pendekatan untuk membangun koalisi jelang pilkada Kota Bogor. Partai Gerindra sendiri saat pilwakot 2013 lalu merupakan Koalisi Pandawa Lima pendukung Bima Arya Sugiarto dan Usmar Harimar bersama PAN, PKB, PBB dan Partai Demokrat.

“Inti pertemuan saat mengunjungi Partai Gerindra Kota Bogor tersebut adalah perkenalan pengurus baru DPC Demokrat yang dipimpin Ketua Usmar Hariman didampingi Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Bogor Dodi Setiawan dan jajarannya, serta para pengurus harian,” kata Ketua Komisi Pemenangan Pemilihan Umum Cabang (KPPUC) Partai Demokrat Kota Bogor, Maman Herman kepada indeksberita.com.

Saat ditanya, apakah pertemuan tersebut merupakan upaya merajut koalisi jelang pilkada 2018 mendatang? Maman menjawab dengan tersenyum.

“Silaturahmi tersebut merupakan bagian dari program kunjungan keliling untuk memperkenalkan pengurus baru DPC  Partai Demokrat ke seluruh parpol, muspida,  KPUD, akademisi, ulama hingga tokoh masyarakat,” ujarnya lagi.

Namun, sambungnya, mengingat kini sudah memasuki tahun politik jelang pilkada 2018, pertemuan kedua parpol itu juga merupakan ajang penjajakan koalisi politik.

“Sebagaimana diketahui, sebenarnya hubungan koalisi Demokrat dengan Gerindra bukan hal yang baru. Karena, pada Piwalkot Bogor 2013, partai Demokrat bergabung dalam koalisi Pandawa Lima bersama PAN, PKB, PBB dan Gerindra. Dalam penutup acara  silaturahmi partai itu,  nantinya akan ada kunjungan balasan Partai Gerindra ke Partai Demokrat. Untuk itu, kami Partai Demokrat akan menyiapkan hidangan mie goreng, sebagai simbol  panjangnya hubungan Demokrat dengan  Gerindra,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Ketua Partai Demokrat Kota Bogor, Usmar Harimar7 mengatakan, koalisi politik dengan Partai Gerindra Kota Bogor belum final.

“Belum mengarah koalisi. Ini hanya komunikasi dan pengenalan struktur pengurus. Saya fatsun pada perintah Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono). Sampai hari ini rekom belum turun, arah koalisi juga masih menunggu perintah,” tutur Wakil Walikota Bogor.

Hadir saat silaturahmi Partai Demokrat Kota Bogor selain Usmar Harimar yakni Mulyadi, Ana Morinda, Dodi Setiawan dan Eni (Anggota DPRD Kota Bogor) serta Maman Herman (Sesepuh Partai Demokrat/Eks Mantan Anggota DPRD). Sedangkan dari partai penjamu, diantaranya Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bogor, Sopian Ali Agam serta beberapa anggota Fraksi Gerindra diantaranya Jenal Mutaqin, Idris, Zaenal Abidin dan sejumlah pengurus Gerindra Kota Bogor.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait