Jumat, 30 September 22

Pengangguran Capai 32 Ribu Jiwa, Pemkot Bogor Gelar Bursa Kerja

Bogor – Dari 984.060 jiwa penduduk Kota Bogor saat ini, sekitar 32 ribu diantaranya berstatus pengangguran. Data yang dimiliki Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disanekrsostrans) Kota Bogor tercatat terdapat 17 ribu pencari kerja aktif. Sementara, jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia berada di kisaran angka antara 8 -11 ribu orang. Artinya, terdapat lebih dari 6000 pencari kerja yang masih berstatus pengangguran.

“Di Kota Bogor ini ada 32 ribu pengangguran dengan jumlah pencari kerja khususnya yang aktif berjumlah sekitar 17 ribu orang. Sedangkan jumlah lowongan pekerjaan yang ada bergerak di kisaran angka 8 ribu sampai 11 ribu,” kata Kepala Disnakersostrans Kota Bogor Anas S. Rasmana mendampingi Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman usai membuka Bursa Kerja Expo 2016 di GOR Pajajaran, Selasa (27/09/16).

Dikatakan Anas, penyediaan atau penyerapan lapangan kerja sempat terdampak adanya perlambatan laju pertumbuhan ekonomi beberapa waktu lalu. Namun seiring mulai pulihnya kondisi ekonomi saat ini mulai memberikan angin segar kepada para pencari kerja. Tidak lain lantaran banyaknya investor yang menanamkan modalnya di Kota Bogor.

“Dalam lima tahun ini berdiri 25 hotel baru, 300 restoran, dan lima rumah sakit di Kota Bogor. Ini menjadi salah satu indikator pertumbuhan jumlah lapangan pekerjaan baru. Sehingga dengan demikian kecenderungannya di Kota Bogor ini tersedia banyak lowongan pekerjaan di bidang jasa dan perniagaan,” ujarnya.

Untuk membantu para pencari kerja mendapatkan informasi dan lowongan pekerjaan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Disnakersostrans kembali menggelar Bursa Kerja Expo 2016 selama dua hari ini digelar di GOR Pajajaran.

Acara yang dibuka Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman, langsung diserbu para pencari kerja. Mereka tampak antusias datang dan berebut untuk mendapatkan berbagai posisi di puluhan perusahaan yang berpartisipasi dalam bursa kerja ini.

“Disini (Bursa Kerja Expo 2016) kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan sangat terbuka. Ada 35 perusahaan yang berpartisipasi dan membuka lowongan pada bursa kerja kali ini. Mereka tidak hanya dari Kota Bogor, tapi juga perusahaan dari kawasan sekitar seperti Kabupaten Bogor dan Depok dengan 800 posisi,” jelas Usmar.

Melalui bursa kerja ini pula, Usmar berharap dapat terserap pencari kerja diatas 15 persen. Angka ini berdasar persentase dari kegiatan serupa sekitar 6 bulan yang lalu.

“Harapannya tentu adalah mereka (para pencari kerja) ini dapat memperoleh pekerjaan dengan posisi yang lebih baik dan tentunya pendapatan yang lebih baik juga. Dampaknya mereka ini dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Meski masih ada gap (kesenjangan) antara kesempatan kerja yang ada dengan jumlah para pencaker itu sendiri,” tutupnya. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait