Kamis, 6 Oktober 22

Pemerintah Akan Buka CPNS Penyuluh Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar penandatangan MoU dengan 449 Bupati/Walikota 34 provinsi, dalam rangka pelaksanaan pengadaan CPNS Penyuluh Pertanian yang berasal dari Tenaga Harian Lepas (THL) dan Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian.

“Kita pada hari ini menandatangani rencana penerimaan pengangkatan THL penyuluh menjadi CPNS,” Ujar Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, usai acara penyelenggaraan MoU di gedung Kementan, Jakarta Selatan, Jumat (2/9).

Amaran mengatakan, program pengangkatan tersebut, sesuai arahan dan perintah bapak Presiden Joko Widodo, agar penyuluh pertanian di perkuat, karena, menurut Amran, selama ini tenaga penyuluh tersebut kekurangan sekitar 20.000 hingga 30.000 orang.

“Idealnya adalah satu desa satu penyuluh, artinya kita butuh 70.000 orang di seluruh Indonesia, tapi yang tersedia adalah hanya 23.000 PNS dan PPL nya 19.000 orang,” kata Amran.

Hingga saat ini, lanjut Amran, pihaknya akan terus melakukan penguatan penyuluh pertanian, tujuannya, untuk memperkuat sektor pertanian agar mempercepat swasembada pangan dan akselerasi di sektor pertanian.

“kita harus memperkuat penyuluh,” tandas Mentan.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait