Minggu, 25 September 22

Paripurna DPR Setujui Tito Jadi Kapolri

Hasil rapat Paripurna DPR RI terkait pencalonan Kapolri menyetujui penunjukkan Komjen Pol Tito karnavian Sebagai Kapolri, selanjutnya hasil ini akan segera diserahkan ke Presiden Joko Widodo untuk dilantik sebagai Kapolri.

“Apakah disetujui (pemberhentian Jenderal Badrodin Haiti dan pengangkatan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai Kapolri)?,” kata Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam Rapat Paripurna DPR, Senin (27/6).

Kemudian, seluruh anggota DPR yang hadir dalam Rapat Paripurna itu mengatakan setuju dan Fadli Zon mengetuk palu tanda pengesahannya.

Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo dalam pidatonya di Rapat Paripurna tersebut menjelaskan Rapat Pleno Komisi III pada Kamis (23/6) sepakat menyetujui pemberhentian Jenderal Badrodin Haiti dan pengangkatan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai Kapolri.

Kesepakatan itu menurut dia diambil setelah seluruh fraksi memberikan pandangannya dan semuanya aklamasi memberikan persetujuan.

“Kami menyadari dan memahami bahwa kecakapan, integritas dan kompetensi calon Kapolri merupakan prasyarat mutlak menjadi Kapolri,” ujarnya.

Menurut dia, atas dasar itu Komisi III DPR menyetujui untuk mengangkat calon Kapolri yang diusulkan Presiden Joko Widodo.

Dia mengatakan persetujuan itu dengan harapan calon tersebut dapat dan mampu meningkatkan citra dan wibawa lembaga Polri sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan, ketertiban, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait