Selasa, 16 Agustus 22

Panglima TNI Apresiasi Masyarakat pada Apel Nasional Nusantara Bersatu

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengapresiasi partisipasi masyarakat pada Apel Nasional Nusantara Bersatu, yang diikuti ribuan pelajar, PNS, TNI dan Organisasi Massa, pemuda dan tokoh agama, mengkampanyekan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pelajar, pemuda tokoh agama, dan ormas yang ikut acara ini. Dari Sabang sampai Merauke, semua lakukan hal sama,” kata Gatot saat Apel Nusantara Bersatu, di Silang Monas, Jakarta, Rabu (30/11).

Menurut dia, semangat persatuan harus terus dijaga oleh seluruh anak bangsa karena majunya negara Indonesia tergantung kepada persatuan seluruh elemen bangsa.

“Mari kita berjuang bergandengan tangan untuk kesatuan NKRI. Kita menamakan tanah air Ibu Pertiwi. Jangan biarkan Ibu Pertiwi menangis. Kita semua punya mimpi Indonesia menjadi bangsa besar dan bangsa makmur,” kata Jenderal bintang empat ini.

Apel Nasional Nusantara Bersatu Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita digelar untuk mengukuhkan kembali semangat persatuan bangsa.

Selain orasi kebangsaan dari tokoh nasional, acara turut dimeriahkan dengan pembacaan puisi, tari-tarian dan hiburan dari artis Ibu Kota. Hadir dalam acara itu antara lain Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, serta tokoh lintas agama.

Berbagai atraksi seni dari sejumlah daerah di Tanah Air memeriahkan apel Nusantara Bersatu yang digelar di Silang Barat Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Apel dibuka oleh penampilan marching band dari Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan disusul tari Reog Ponorogo, ondel-ondel dan tarian Betawi.

Apel Nusantara Bersatu digagas oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam rangka memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan tersebut dihadiri tokoh agama, pelajar, mahasiswa, musisi, pemuda, budayawan, organisasi masyarakat dan komponen bangsa lainnya.

Ditargetkan 40.000 orang hadir dalam acara tersebut, setiap peserta ditandai dengan pita merah putih yang diikatkan di kepala.

Para tokoh TNI juga hadir dalam acara tersebut seperti Panglima TNI, para kepala staf angkatan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana dan sejumlah pejabat Polri.

Selain itu acara tersebut juga akan dihadiri, sesepuh ormas Islam Majelis Rasulullah SAW Jakarta Pusat Habib Nabil, Ketua Umum AMPI Dito Ariotedjo dan Ketua MUI Jawa Tengah Habib M Lutfi bin Ali Yahya.

Selain itu juga ada pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang menampilkan Panser Anoa APC, panser intai, panser V-150, kendaraan penjinak bahan peledak, Baracuda, serta alutsista lainnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait