Sabtu, 3 Desember 22

“Panama Papers”, Jaksa Panama Tak Temukan Jejak Kejahatan Mossack Fonseca

Panama City – Jaksa penuntut umum Panama tidak menemukan bukti yang cukup untuk memperkarakan firma hukum Mossack Fonseca, yang menjadi sumber bocornya dokumen yang kemudian disebut “Panama Papers”.

“Untuk saat ini kami tidak memiliki bukti kuat apa pun yang mengharuskan kami mengambil keputusan terhadap firma Mossack Fonseca,” ungkap jaksa Javier Caraballo seperti dikutip AFP.

“Informasi yang kami kumpulkan adalah yang akan membuat kami memiliki bukti untuk mengambil keputusan selanjutnya,” kata Caraballo.

Caraballo mengakui bahwa pihaknya mengalami kesulitan ketika melakukan penyelidikannya. Kendalanya terutama karena Mossack Fonseca menyimpan sebagian besar catatan aktivitasya dalam bentuk digital, bukan lembaran kertas. Terdapat sebanyak lebih dari 100 server penyimpan jutaan dokumen digital itu.

Sejak jutaan dokumen itu bocor, Ramon Fonseca dan Juergen Mossack selaku pemilik firma, berkali-kali menegaskan bahwa seluruh aktivitas perusahaan mereka adalah legal.

Mereka juga menyatakan bahwa seluruh aktivitas klien-kliennya dalam perusahaan-perusahaan cangkang yang dibantu pendiriannya, bukan merupakan tanggung jawab mereka.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait