Selasa, 24 Mei 22

Pabangbon, Destinasi Wisata dengan Kepuasan Tak Ternilai

Pabangbon, demikian nama destinasi wisata murah meriah di Kabupaten Bogor. Rekreasi dengan harga terjangkau banyak kalangan ini menawarkan pesona alam yang berbeda dengan yang lain, yakni rumah pohon. Bertempat di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, wisata rumah pohon ini jadi pilihan tepat kaum muda yang doyan selfie.

Bagi yang hobi berfoto, rumah pohon dengan tiket masuk hanya Rp5000 ini sangat diminati pengunjung karena bisa menikmati bentangan alam yang indah. Dan, dari atas gardu pandang yang bertumpu pada pohon yang cukup besar ini, wisatawan juga dapat merasakan semilir angin nan sejuk sekaligus hijaunya perbukitan. Pantauan media online ini, hampir kebanyakan pengunjung yang didominasi kalangan muda mudi datang hanya untuk foto selfie.

“Tempat ini memang tepat untuk foto selfie. Pas sekali untuk dipajang di instagram,” tukas pengunjung asal Kota Bogor, Badru Tamam (26) yang datang bersama pasangannya, Ernawati (20) kepada indeksberita.com, Minggu (16/7/2017).

Rumah pohon di area wisata PabangbonRumah pohon di area wisata Pabangbon

Wisata Desa Pabangbon mengadopsi konsep wisata rumah kayu. Di lokasi ini, wisatawan akan dimanjakan pemandangan hutan pinus dan meranti yang asri. Jika ingin berfoto di atas rumah pohon, pengunjung harus bersabar mengantri giliran, karena saat hari libur seperti Sabtu dan Minggu, pengunjung terbilang ramai.

Di sekitaran area wisata juga tersedia sejumlah warung kecil. Namun, bila ingin merasakan momen yang berbeda, diperbolehkan membawa bekal makanan dan minuman sambil berteduh di saung atau tempat duduk dari batang pohon alami di tengah hutan pinus yang rindang.

Tempat ini berada di atas ketinggian sekitar 720 meter di atas permukaan laut. Kampung wisata yang dikelola KPH Perhutani Bogor ini memiliki beberapa titik yang bisa dinikmati pengunjung. Di antaranya rumah pohon, curug sepeda dan camping ground. Kampung wisata ini terbilang sebagai wahana baru yang dikembangkan Perhutani.

Panorama indah PabangbonPanorama indah Pabangbon

Namun, jika hujan tiba disertai petir, pengunjung diingatkan agar tidak naik ke rumah pohon atau berteduh dibawahnya.

“Sebab, bulan lalu, tepatnya, 28 Juni 2017, seorang wisatawan tewas dan 14 lainnya luka bakar tersambar petir, saat berteduh di bawah pohon di Kampung Wisata Panorama Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Sebagian besar korban tersambar petir berusia remaja berasal dari Kecamatan Ciomas dan Cibungbulang, Kabupaten Bogor,” tukas Anwar (30), warga setempat yang membuka usaha kuliner di lokasi wisata.

Untuk mencapai ke tempat wisata murah meriah ini tidak sulit, jika dari Kota Bogor atau Jakarta, sebagai patokan tinggal menuju arah Leuwiliang, Kabupaten Bogor.  Perkiraan waktu hingga tiba di lokasi jika menggunakan kendaraan roda dua dari Kota Bogor, lebih kurang 1.5 jam. Jarak tempuh sekitar 30 kilometer, hanya lamanya waktu di perjalanan karena ada beberapa titik lintasan seperti di Dramaga yang kerap macet.

Perjalanan menuju ke tempat wisata tersebut, jika dari Kota Bogor melalui pertigaan Karacak yang berada sebelum Pasar Leuwiliang. Selanjutnya, ambil rute ke kiri, jalan terus hingga terdapat jalan bercabang dan beloklah ke kanan di mana terdapat plang SMP 4 Leuwiliang atau menuju Desa Pabangbon. Rute yang mengarah ke daerah yang dikenal dengan Gunung Benteng ini didominasi tanjakan yang terjal tapi sudah beraspal baik. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait