Rabu, 6 Juli 22

Over Kapasitas, Rencana Lapas Paledang Pindah Cuma Wacana?

BOGOR – Kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A, Paledang yang sudah tidak layak dan melebihi kapasitas sudah dari dulu direncanakan akan dipindah. Lokasinya di Pasir Jambu, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor di lahan milik Pemkot Bogor. Demikian dikatakan Sekretaris Komisi A, DPRD Kota Bogor, Ujang Sugandi.

“Sudah sejak lama Lapas Paledang akan dipindahkan ke Pasir Jambu, Bogor Utara, Kota Bogor. Soal lahan, Pemkot sudah menyiapkan. Pembahasan rencana pemindahan tersebut kira-kira sudah 4 tahun berselang,” tukas Ujang kepada indeksberita.com, Minggu (13/3/2016), saat diwawancarai melalui telepon.

Legislatif yang sudah menjabat DPRD Kota Bogor selama dua periode ini menambahkan, belakangan ini rencana pemindahan hotel prodeo tersebut redup dan tidak terdengar lagi kabarnya. Padahal, sebelumnya saat DPRD Kota Bogor berkunjung ke Lapas Paledang diketahui kapasitas sudah berlebih dari yang seharusnya untuk 634 orang, saat itu dihuni lebih dari 1000 orang.

“Mungkin yang jadi kendala karena lahan pemkot tersebut belum bersertifikat, juga persoalan keterbatasan anggaran. Luas lahan yang disiapkan pemkot untuk lapas di lokasi tersebut seluas 3 hektar,” ucapnya.

Terpisah, kepada media online ini, salah satu tahanan titipan kejaksaan yang enggan disebutkan namanya belum lama ini mengatakan, penghuni Lapas Paledang saat ini tidak hanya mengalami kesulitan tidur. Bahkan, mereka juga kesulitan dalam memperoleh air bersih. Kondisi Lapas Kelas II Bogor, disebutnya, sudah ‘over capacity’. Yang harusnya satu kamar berkapasitas lima orang, belakangan rata-rata diisi lebih dari 20 orang.

“Tidur di lapas berdempetan. Kalau sedikit nyaman tidur, terkadang harus bergantian dengan jam yang diatur. Malah, ada kamar yang juga kekurangan air,” tukas A saat menunggu sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bogor, Selasa (8/3/2016) lalu. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait