Senin, 27 Juni 22

OTT Bupati Jombang, DPC PKB : Koalisi Tetap Usung Nyono Suharli Sebagai Calon Bupati

Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko tetap dicalonkan oleh partai pengusung dalam Pilbun 2018 ini. Langkah ini diambil menyusul tak adanya dasar hukum mengganti Nyono Suharli sebagai calon bupati.

Pendapat ini disampaikan Ketua DPC PKB Jombang Mas’ud Zuremi. Kepada wartawan, ia menyebutkan, partai koalisi tetap mengusung Nyono Suharli Wihandoko sebagai calon bupati dan Subaidi Muchtar sebagai wakil calon bupati Jombang.

“Kami partai koalisi tetap mengusung Pak Nyono dan Pak Subaidi sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Jombang 2018. Kami partai koalisi tetap komitmen, semakin bersemangat dan kompak,” ucap Mas’ud saat menggelar jumpa pers di kantornya, Jalan Laksda Adi Sucipto, Denanyar, Jombang Kota, Ahad malam, 4 Februari 2018.

Sebagaimana diketahui, pasangan Nyono-Subaidi telah mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Jombang, Januari lalu. Mereka diusung PKB, PKS, Partai NasDem, dan PAN serta Partai Golkar. Mas’ud beralasan, tetap kukuh mencalonkan pasangan Nyono-Subaidi. Karena tidak ada dasar yang mengatur, jika seorang calon atau pasangan menyandang status tersangka batal.

“Pasal 78 dan 79 PKPU No 3 tahun 2017, tak mengatur pergantian calon bupati akibat menyandang status tersangka. “ tandas Mas’ud.

Pergantian hanya bisa dilakukan, lanjut Mas’ud, jika calon berhalangan tetap akibat meninggal dunia dan sakit parah, serta menyandang status terpidana berdasarkan putusan tetap dari pengadilan.

“Status tersangka belum mempunyai kekuatan hukum tetap, ini tak bisa diganti oleh partai, juga tak bisa mengundurkan diri. KPU pun tak bisa membatalkan ini, tak punya dasar,” terang Mas’ud.

Di tempat yang sama Subaidi Muchtar menambahkan, dirinya akan menggantikan seluruh peran, dan fungsi Nyono sepanjang tahapan Pilbup Jombang 2018. Mulai tahap penetapan pasangan calon, pengundian nomor urut, kampanye, dan tahapan lain yang diatur dalam PKPU.

“Tentu dalam hal ini, kami akan dibantu 5 partai koalisi pengusung pasangan Nyono-Subaidi. Alhamdulillah, semua tetap semangat dan kompak untuk memenangkan Pilkada 2018. Pada hari ini kami pada tingkat yakin untuk terus melakukan konsolidasi,” tandas Subaidi.

Sebagaiman diketahui, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, dengan sangkaan Pasal 12 huruf a atau huruf b atau pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

 

(Kontributor : Moh Doffir)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait