Minggu, 25 September 22

Muhaimin Iskandar Sebut Ada Upaya Mendistorsi Kepercayaan terhadap Parpol

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB), Muhaimin Iskandar, mengajak seluruh partai politik untuk bekerjasama mengatasi persoalanan bangsa. Hal itu penting terutama karena akhir-akhir ini ada upaya untuk mendistorsi kepercayaan publik kepada partai politik.

Kerjasama dimaksud, menurut Muhaimin, termasuk melalui kebijakan dan produk undang-undang, melalui wakil-wakilnya di eksekutif dan legislatif. Partai politik juga harus bekerja sama melahirkan kebijakan dan keputusan kenegaraan yang menyentuh kepentingan masyarakat.

Muhaimin mengemukakan, hal itu harus dilakukan demi menjaga kepercayaan rakyat kepada partai politik.

“Kita harus bahu membahu, apalagi ada upaya mendistorsi kepercayaan publik kepada parpol,” kata Muhaimin dalam orasi politiknya pada peringatan Hari Lahir ke-18 PKB di Jakarta, Sabtu malam (23/7).

Sejauh ini, ia menilai, kerja sama di antara partai politik di parlemen sudah cukup baik. Lahirnya Undang Undang Nomor 11 tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak dan kekompakan untuk melawan terorisme merupakan bukti sinergi itu telah berjalan.

Ia pun mengajak partai politik bersama-sama menciptakan sistem politik yang lebih baik, beradab, dan partisipatoris, serta menghilangkan politik berbiaya tinggi (high cost politic).

“Sekarang ini high cost politic di berbagai level, terutama pilkada. Perlu dipikirkan menyederhanakan pilkada,” demikian Muhaimin.

Terlihat hadir dalam acara itu antara lain Ketua Umum PAN/Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Umum Golkar Setya Novanto, Ketua DPR Ade Komarudin, Menkumham Yasonna Laoly, Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait