Rabu, 7 Desember 22
Beranda Internasional Model Penanganan Bencana Indonesia Jadi Rujukan di Banyak Negara

Model Penanganan Bencana Indonesia Jadi Rujukan di Banyak Negara

0
Model Penanganan Bencana Indonesia Jadi Rujukan di Banyak Negara
dok. BNPB
Washington – Keberhasilan Indonesia dalam menanggulangi bencana telah meenjadi inspirasi di banyak negara. Sehingga, Indonesia saat ini dijadikan rujukan (role model) dalam hal penanggulangan bencana.
Hal ini dikatakan oleh James Fleming, Direktur Divisi untuk Asia, Amerika Latin dan Eropa USAID’s Office of US Foreign Disaster Assistance (USAID/OFDA) kepada Kepala BNPB, Willem Rampangilei dan delegasi Indonesia, di Kantor Pusat USAID Washington DC, pada Rabu (30/3/2016).
James Fleming mengatakan bahwa sejak tsunami Aceh tahun 2004, Indonesia mengalami kemajuan yang luar biasa dalam penanggulangan bencana. Hal itu terlihat pada berbagai kasus bencana seperti gempa Yogyakarta 2006, gempa Sumatera Barat 2007, erupsi Gunung Merapi 2010, erupsi Gunung Kelud 2014, dan lainnya.
“Pemerintah Amerika Serikat melalui USAID/FODA terus berkomitmen membantu Indonesia dalam penanggulangan bencana. Sebab Pemerintah Indonesia sangat serius menanganinya,” kata Fleming.
“Kerjasama antara Indonesia dan USAID kita jadikan role model dalam penanggulangan bencana dengan negara-negara lain”, imbuhnya.

Sejak tahun 2013-2015, total bantuan USAID/OFDA ke Indonesia, baik untuk pengurangan risiko bencana dan bantuan darurat bencana mencapai lebih dari US$ 25,4 juta.

Kepala BNPB, Willem Rampangilei menyampaikan bahwa  pemerintah Indonesia sangat komitmen menanggulangi bencana. Ini sebagai wujud bahwa negara hadir melindungi rakyatnya.

“Bahkan penanggulangan bencana menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan nasional. Artinya, masalah bencana menjadi arus utama dalam pembangunan di semua sektor,” ujar Willem.