Sabtu, 10 Desember 22

Menunggu Janji Kampung Wisata

DANAU Situ Gede yang berada di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor hingga saat ini terbilang masih minim pengunjung. Terbukti obyek wisata Kota Bogor tersebut tersebut masih belum banyak dikenal.

Padahal, di lokasi tersebut boleh dibilang kaya potensi alam. Di tengah danau tersebut terdapat sebuah gundukan menyerupai pulau kecil yang banyak di huni oleh berbagai burung-burung air. Sementara, dilingkungan Situ Gede, juga bisa ditemui penangkaran rusa, rumah contoh dari kayu, sumur tujuh, dan makam keramat Mbah Jayanti. Selain itu ada pertanian organik diatas hamparan sawah sekitar 5 hektar.

“Dulu pernah terwacana tahun 2015 atau 2016 akan menjadikan Situ Gede sebagai Kampung Wisata. Warga di Kelurahan Situ Gede sudah menyambut positif karena disampaikan ini merupakan program Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) oleh Kementerian Pekerjaaan Umum. Tapi, sampai sekarang belum juga juga terwujud,” keluh warga setempat, Sanusi Umar kepada indeksberita.com, Minggu (10/4/2016).

Kembali dia meneruskan, warga sekitar sangat berharap dengan adana Kampung Wisata bisa memberdayakan masyarakat.

“Sayangnya, warga sampai saat ini masyarakat masih jadi penonton. Harapan kita, nantinya dengan Kampung Wisata manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat Situ Gede,” sambungnya.

Danau Situ Gede, memang sangat berpotensi jadi objek wisata yang menarik. Panorama hutan CIFOR yang ditunjang suasana asri, juga merupakan potensi pendukung wisata Kota Bogor. Ditambah lagi, di tengah danau terdapat sebuah gundukan menyerupai pulau kecil yang banyak di huni oleh berbagai burung-burung air. Selain itu, penangkaran rusa, hingga pertanian organik diatas hamparan sawah sekitar 5 hektar sudah terbilang cukup memenuhi persyaratan sebagai Kampung Wisata.

“Sayang, sepertinya Pemkot Bogor, melalui Dinas Pariwisata sepertinya masih belum serius menunaikan janjinya membuat Kampung Wisata dengan mengedepankan tradisional Sunda,” ujar Jajang yang juga warga setempat menambahkan. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait