Kamis, 6 Oktober 22

Menteri LHK Canangkan Aksi Hijau Nusantara

BOGOR – Gandeng IPB dan Pemkot Bogor, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Situ Nurbaya, giatkan Aksi Hijau Nusantara. Rencananya, kegiatan tersebut bakal dilaksanakan setiap tahun dan diharapkan melalui aksi ini bisa mengajak masyarakat peduli lingkungan hidup dan kehutanan. Demikian disampaikan Menteri LHK yang juga alumni IPB ini.

“Saya bersama Rektor IPB berharap kegiatan ini akan kita diteruskan, Alumni IPB dan mahasiswanya juga bertanggung jawab untuk melakukan stimulasinya, jadi ini tanggung jawab kita semua,” papar Menteri Siti melalui rilisnya kepada indeksberita.com, Minggu (31/7/2016).
Bertempat di Kantor Kodim 0606, Kota Bogor, kemarin, Menteri LHK canangkan membudayakan gerakan sadar lingkungan bersama ribuan warga Kota Bogor. Hadir juga dalam aksi ini, Walikota Bogor Bima Arya, Rektor IPB Herry Suhardiyanto dan Ketua Himpunan Alumni IPB Bambang Hendroyono.
“Tujuan kegiatan ini mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, sekaligus mensosialisasikan tata pengelolaan sampah melalui gerakan reduce-reuse-recycle,” imbuh Siti Nurbaya.
Lebih lanjut, Menteri LHK menyampaikan, sampah kantong kresek di laut disebutnya berbahaya. Apalagi, jika selanjutnya, dimakan ikan dan dikonsumsi manusia.
“Yang namanya plastik mengapa berbahaya karena dia tidak bisa terurai ketika berada di alam, dan diperkirakan, berurainya dalam waktu 400 tahun,” katanya lagi.
Maka dari itu, dia meminta, salah satunya memungut sampah, khususnya plastik merupakan upaya positif.
“Ada kelompok masyarakat yang memamerkan hasil kreasi dari sampah plastik yang kemudian bisa dikomersialkan. Ini harus didukung juga, dalam hal ini memfasilitasi modal dan pemasarannya,” tuturnya.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Himpunan Alumni IPB Bambang Hendroyono yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian LHK, mengapresiasi kepedulian para Alumni IPB pada permasalahan lingkungan khususnya di Kota Bogor yang merupakan lokasi kampus IPB berada.
“Alumni IPB dalam AHN yang merupakan gerakan peduli lingkungan hidup ini karena kami terpanggil untuk mengajak masyarakat kota bogor membantu Walikota Bogor membersihkan Kota Bogor. Pak Walikota Bogor punya IPB dan kami para alumni IPB yang ada di seluruh dunia ingin mensukseskan kebijakan pemerintah dalam Indonesia Bersih Sampah tahun 2020”, ujar Bambang.
Sebagai informasi, dalam kegiatan AHN ini membagikan lebih dari 20.000 gelang dengan “tag line” kebersihan, 3.000 bibit tanaman dan 200 bor biopori. Para pecinta gowes juga telah mensosialisasikan gerakan kebersihan di Kota Bogor dan juga para relawan dan komunitas peduli lingkungan telah melakanakan bersih sampah plastik dan penukaran kantong plastik dengan kantong ramah lingkungan. (eko)
- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait