Jumat, 1 Juli 22

Menteri ESDM akan Segera Dilantik Jokowi, Seskab Pastikan Bukan dari Parpol

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengisi posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang lowong setelah ditinggalkan Arcandra Tahar yang dicopot pada Senin (15/8/2016) lalu.

Presiden, menurut Pramono, tidak akan membiarkan menteri ESDM dijabat seorang pelaksana tugas terlalu lama. Jadi, pelantikan yang bersangkutan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Ini tidak akan terlalu lama karena bagaimanapun menteri ESDM ini adalah kementerian strategis dan diperlukan seorang yang in charge,” ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (18/8/2016).

Pramono menambahkan, saat ini ada beberapa nama yang mungkin akan ditunjuk sebagai menteri ESDM, yang berasal dari berbagai kalangan.

Kendati begitu, terkait spekulasi bahwa posisi itu akan diisi oleh sosok dari partai politik pendukung pemerintah, Pramono menepisnya.

“Sampai hari ini, tidak ada usulan nama yang dispekulasikan dari parpol, enggak ada,” ujarnya.

Disinggung tentang siapa yang paling mungkin dipilih Presiden pada posisi itu, Pramono mengaku tidak mengetahuinya karena itu merupakan wewenang Presiden.

“Apa dan siapa yang diambil tentunya Presiden yang paling tahu,” ucapnya.

Sepeninggal Arcandra Tahar, Presiden Jokowi telah menunjuk Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait