Jumat, 30 September 22

Menteri ESDM Baru Diminta Berani Berantas Mafia

Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Menteri ESDM baru yang berani memperbaiki sektor ESDM.

“Sektor ESDM masih menjadi salah satu sumber utama pendapatan negara. Presiden mesti menunjuk orang sebagai Menteri ESDM yang berani memberantas mafia atau pemburu rente,” katanya di Jakarta, Selasa (6/9).

Menurut Agus, Presiden mesti menempatkan orang sebagai Menteri ESDM yang tidak mencari keuntungan baik pribadi maupun golongan.

Agus melanjutkan, penanganan sektor ESDM tidak memerlukan orang yang berpengalaman dan mengetahui bisnis di bidang tersebut.

“Kalau ada orang yang paham, pengalaman, dan pintar soal ESDM, tapi tidak berani, ya sama saja tidak akan memperbaiki,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan tidak akan lama merangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM.

“Pasti tidak akan lama-lama. Masak lama-lama, memang kerjaan saya cuma itu? Secepat mungkinlah. Paling lambat bulan depan (ditunjuk Menteri ESDM baru),” katanya pada (16/8).

Presiden Joko Widodo menunjuk Luhut sebagai Plt Menteri ESDM menggantikan Arcandra Tahar yang diberhentikan karena berstatus dwikewarganegaraan pada 14 Agustus 2016 lalu.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait