Rabu, 30 November 22

Menpar Arief Yahya: Anak Muda Ujung Tombak Pariwisata di Era Digital

Menteri Pariwisata (Menpar) Ir.Arief Yahya, MSc menyatakan bahwa anak muda adalah ujung tombak pariwisata di era digital. Ia berharap agar generasi muda bisa menjadi endorser destinasi wisata di Indonesia kepada masyarakat luas. Hal tersebut dinyatakan Menpar dalam sambutannya pada acara Penyematan Pemenang Grand Final Putra dan Putri Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan El John.

“Kementerian Pariwisata dalam upayanya mengembangkan industri pariwisata Indonesia sangat membutuhkan peran generasi muda sebagai ambassador negaranya sendiri. Generasi muda Indonesia diharapkan dapat menjadi endorser yang membantu memperkenalkan destinasi-destinasi wisata Indonesia kepada masyarakat luas, khususnya dalam memaksimalkan platform Digital Tourism. Selain itu generasi muda Indonesia juga dapat berperan sebagai marketer untuk memperkenalkan branding Pesona Indonesia maupun Wonderful Indonesia melalui media sosial maupun media lainnya,“ papar Menpar Arief Yahya dalam sambutannya.

Arief Yahya, lebih jauh menjelaskan peran dunia pariwisata dalam menyerap devisa yang paling utama bagi negara.

“Saya beberapa kali diskusi berdua dengan Bapak Presiden. Kami membahas bagaimana mengoptimalisasikan potensi pariwisata di nusantara ini, dengan sungguh-sungguh,” tukas Arif, sembari menghimbau agar anak muda Indonesia agar menguasai teknologi internet yang kini memilik oengaruh sangat besar untuk mempromosikan dunia pariwisata di tanah air.

Menpar Arief Yahya dan Pemenang Putra dan Putri Pariwisata Nusantara.Menpar Arief Yahya dan Pemenang Putra dan Putri Pariwisata Nusantara.

Setelah sukses menghelat Putri Pariwisata Nusantara setiap tahunnya, Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan El John, kembali menggelar acara serupa, namun lebih lengkap, karena kini telah menjadi Putra dan Putri Pariwisata Nusanatara.

Malam Grand Final, telah digelar di Balairung, Gedung Sapta Pesona Kementrian Pariwisata Indonesia, Jakarta, setelah melalui tahap pemilihan dari 34 provinsi, masing diwakili 2 orang, putra dan putri.

Akhirnya Nordianto dari Kalimantan Barat dan Ni Luh Putu Lilyk Rahmawati dari Bali, dinobatkan sebagai pemenang Putra-Putri Pariwisata Nusantara 2017.

“Saya bersyukur bisa menjadi pemenang dan berjarap, peran saya sebagai ujung tombak promosi pariwisata dalam negeri, bahkan hingga keluar negeri mendapat apresiasi dari masyarakat,” ucap Ni Luh Putu Lilyk, usai mengenakan Mahkota Putri Pariwisata Nusantara, berbentuk bunga teratai, yang dilapisi emas putih dan ratusan permata berlian ramah lingkungan.

Penyematan Mahkota Kemenangan dilakukan secara langsung oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, yang juga sebagai Ketua Dewan Juri Kehormatan, dan Johnnie Sugiarto, Founder & Chairman Yayasan El John Indonesia, yang juga sebagai Anggota Dewan Juri Kehormatan.

Menpar Arief Yahya bersama Finalis Putra dan Putri Pariwisata Nusantara.
Menpar Arief Yahya bersama Finalis Putra dan Putri Pariwisata Nusantara.

Dewan Juri yang terdiri dari Dra. Esthy Reko Astuty, M.Si., Marco Hermawan, Reinita Arlin, Drs. Sigit Gunardjo S. MM., dan Ismayanti, A.Par, Msc., juga mengumumkan para pemenang lainnya, berturut-turut, yaitu 2nd Runner up – Putra Putri Museum Indonesia 2017 diberikan kepada Puguh AS dan Annisa Maharani, 3rd Runner Up – Putra Putri Argo Wisata Indonesia 2017 (Valentino P & Indah Risma F), dan 4th Runner up – Putra Putri Anti Narkoba Indonesia diberikan kepada Made Joshua K dari Bali dan Putri Khairunnissa dari Jakarta.

Sementara itu, peraih penghargaan khusus kategori The Best Presentation adalah Valentino dari Sulawesi Tengah. Adapun Best National Costume Putra Putri Pariwisata Nusantara 2017, diraih oleh Puguh Andi Setiawan dan Karin Wahyu Prahardian. Keduanya perwakilan dari Jawa Timur.

Acara pemilihan yang diselenggarakan Yayasan El John Indonesia dengan cukup meriah itu dihibur dengan penampilan spesial Calvin Jeremy, Putri Melia, Windu Saridevi dan Wulan Lauce. Make up finalis Putra Putri Pariwisata Nusantara 2017 oleh Sariayu Martha Tilaar. Acara ini live streaming di fanpage “Putra Putri Pariwisata Nusantara.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait