Senin, 27 Juni 22

Menpan RB : Tanggal 2 Januari 2018 Bukan Hari Libur, Ini Sanksi Bagi PNS Yang Bolos

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengungkapkan bahwa tanggal 2 Januari 2018 bukan hari libur bersama. Untuk itu ia meminta agar Para ASN tetap bekerja seperti biasa di hari tersebut.

“Hari libur hanya tanggal 1 Januari 2018, tanggal 2 Januari 2018 harus masuk seperti biasa,” ujar Asman di Jakarta, Kamis (28/12/2017).

Asman juga menegaskan bahwa pihaknya tidak segan-segan akan menjatuhkan sangsi kepada oknum – oknum Aparatur Sipil Negara yang terbukti membolos pada tanggal 2 Januari 2018.

“Sanksi itu, bisa berupa peringatan tertulis, pengurangan tunjangan kinerja, bahkan penurunan pangkat,” tegasnya.

Asman menegaskan, aturan mengenai tanggal 2 Januari 2018 bukan hari libur sehingga pegawai harus masuk pada tanggal tersebut, bukan semata-mata karena keputusan pihaknya. Lalu  ia menjelaskan bahwa hal tersebut telah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) beberapa kementerian. Yakni, Kementerian Agama, Kementerian Tenaga Kerja, serta Kemenpan RB.

“Jadi Peraturan berlaku seperti tahun-tahun yang lalu, jadi bukan libur bersama tanggal 2 Januari bukan hanya pada tahun 2018 saja ,” imbuhnya.

Untuk itu Asman meminta kepada pejabat pembina pegawai harus mengawasi dengan ketat para ASN pada hari masuk kerja pertama di tahun 2018 tersebut. Asman menegaskan hal itu dilakukan sebagai bentuk penerapan sistem kedisiplinan yang profesional untuk ASN.

“Jadi tak hanya PNS saja, tetapi mulai dari Gubernur, Walikota termasuk juga semua Kementerian harus diawasi,” pungkasnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait