Kamis, 7 Juli 22

Menkominfo Rudiantara Kunjungi Puncak Jaya dan Janji Bangun 44 BTS Palapa Ring Kualitas 4G

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara kunjungi Puncak Jaya pada hari Selasa (17/7), dalam rangka pengawasan pembangunan program Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI). Acara yang terpusat di Lapangan SMP Negeri 1 Mulia berlangsung meriah. Rombongan langsung disambut tarian adat khas Puncak Jaya dan Yospan serta dikalungi anggrek dan noken Papua menggantikan topi cenderawasih yang saat ini populasinya sangat dilindungi.

Turut hadir dalam Kunjungan kerja tersebut Sekda Provinsi Papua T.E.A Herry Dosinaenm S.IP, M.KP, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM, Dirut Bakti Anang Latief, Kadiv Hukum dan Humas Kemenkominfo Ny. Lulu, Vice President PT.Infokom Tri Bimo, Staf Khusus Kemenkominfo Gerhana, CEO PT. Inforte Peter, Direktur Operasi PT. SEI Teguh, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua Ny. Kansiana Sale yang disambut Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, Kapolres Puncak Jaya AKBP. A.F Indra Napitupulu, Dandim 1714/Pj Letkol Inf. Akmil Satria Martayudha, Plt. Sekda Tumiran, S.Sos, M.AP, Kadin Kominfo Puncak Jaya Ukkas, S.Sos dan Kedin P dan P Amir Wonda, Pejabat Eselon II, III dan IV, pimpinan Ormas, Kepala Distrik serta Siswa/Siswi SD, SMP dan SMA.

Bupati Puncak Jaya mengatakan dalam laporannya bahwa pemerintah kabupaten puncak jaya sangat mengapresiasi kunjungan Menkominfo dan Vendor untuk hadir di Mulia Pedalaman Papua. Pihaknya mengatakan bahwa belum sah mengaku kunjungi Papua kalau belum injak Puncak Jaya.

“Kami menghaturkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua program pembangunan dan pengembangan jaringan telekomunikasi dalam hal ini pembangunan BTS di daerah Blank Spot berbasis 2G di delapan titik wilayah Kabupaten Puncak Jaya. BTS ini masih aktif dan telah dinikmati oleh sebagian besar masyarakat. Masyarakat telah berkomunikasi menggunakan handphone, minimal bisa telpon dan SMS kepada keluarga mereka dimanapun” ungkap Bupati Yuni.

Yuni juga berharap bahwa kedepan pihak BAKTI Kominfo bisa mengupgrade BTS dari 2G ke 4G serta menambah kapasitas Bandwidth. “Kapasitas setiap BTS bisa di tingkatkan dari 250 Kbps ke 1 Mbps, dan dengan adanya jaringan telekomunikasi seluler di daerah ini dapat membantu tugas – tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, Kami juga berharap BTS Trikora di pindahkan ke Distrik Yamo yang merupakan wilayah Blank Spot,” harap Yuni.

Ia juga menambahkan bahwa dalam kepemimpinan presiden RI Joko Widodo melalui Kemenkominfo patut diacungi jempol dalam membangun jaringan telekomunikasi didaerah 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar) dan hasilnya sangat dirasakan oleh Masyarakat. Ia berharap agar kedepannya diperluas.

“Kami juga berterima kasih dengan adanya program akses internet di Sekolah, Kantor – Kantor Pemerintah serta di lokasi publik di daerah 3T, untuk program ini puncak jaya baru mendapatkan akses internet yang berada di SMK Negeri dan SMP Negeri 1 Mulia. Kami berharap kedepan semua persekolahan sudah mempunyai akses internet dalam penerapan sistem PPEP,” kata Yuni.

Menkominfo Rudiantara selesai acara pengawasan BAKTI di Puncak Jaya
Menkominfo Rudiantara selesai acara pengawasan BAKTI di Puncak Jaya

Dalam Sambutan Menkominfo RI mengatakan bahwa Kebijakan Pemerintah Pusat melalui Presiden dan Wakil Presiden adalah membangun Indonesia yang Centris. Dalam membangun Indonesia Centris, pemerintah tidak berfikir untung atau rugi, tetapi memjadi hak warga negara indonesia untuk dapat menggunakan akses internet.

“Bulan depan kita akan memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 73, kita telah merdeka dari penjajahan tetapi kita belum merdeka dari akses internet. Maka dari itu kita canangkan bahwa tahun 2019 semua desa termasuk Puncak Jaya dan 44 desa lagi dimana BTS belum terpasang, akan kami selesaikan sampai akhir tahun 2019. Sehingga mudah-mudahan, tidak ada lagi desa/kampung yang belum terpasang BTS,” ungkap Menkominfo Rudi Antara.

Rudiantara juga mengatakan Tahun ini akan membangun 4 Tower Akses Internet di Kabupaten Puncak Jaya. Hal tersebut dilakukannya untuk pengembangan SDM dalam menyambut tahun 2030.

“Di tahun 2030 indonesia berada di puncak bonus demografi artinya masyarakat indonesia berada dalam usia produktif. Ekonomi Indonesia itu sama dengan semua ekonomi negara ASEAN, maka itu Pemerintah Fokus bagaimana mengumpulkan SDM agar di tahun 2030 ekonomi indonesia lebih besar 2 kali dibandingkan ekonomi indonesia saat ini. Kami akan membangun satelit sendiri di Indonesia di tahun 2022. Jika Satelit sudah ada, pastinya tidak ada satu sekolahpun yang tidak terhubung akses internet kecepatan tinggi sebanyak 10Mbps/s. Saya pastikan di tahun 2022 sekolah di Kabupaten Puncak Jaya sudah terhubung akses internet kecepatan tinggi 10Mbps/s, karena nanti anak anak sekolah belajarnya betul betul menggunakan akses internet. Bupati minta 10 BTS USO saya kasih 44 BTS USO di seluruh Kampung di Kabupaten Puncak Jaya” janji Menkominfo.

Sementara itu disela acara tatap Muka ini Menkominfo menyerahkan Cinderamata berupa Miniatur BTS USO BAKTI kepada Bupati Puncak Jaya serta Bantuan CSR dari PT. Infokom berupa 4 buah laptop yang diterima kepala sekolah SMP, Agustina Samori dan Perwakilan SMK, Susiati Masora yang diserahkan oleh Vice President PT. Infokom Tri Bimo.

Pemerintah Puncak Jaya juga memberikan Cinderamata berupa Kopi Asli Mulia dan Sari Minyak Buah Merah asli Puncak Jaya yang konon mampu mengobati segala jenis penyakit kepada Menkominfo, Sekda Provinsi Papua, Dirut Bakti dan Vice President PT. Infokom.

Selepas dari meninjau rencana lokasi NOC Palapa ring Timur, Menteri Rudiantara langsung meninjau lokasi BTS USO Kampung trikora dan menikmati signal BTS Bakti dengan berbicara langsung melalui jaringan seluler dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Telpon itu kemudian dihubungkan dengan Bupati Puncak Jaya, yang membuktikan bahwa signal BTS USO Bakti Trikora terkoneksi dengan baik

“Saya ngobrol dengan pak menteri pariwisata seperti ngobrol berdampingan dan ada disamping saya” bangga Bupati Yuni.

Ditengah guyuran hujan, Menteri Kominfo dilepas ribuan masyarakat yang hadir untuk mengucapkan terima kasih melepas rombongan menuju Mamberamo raya dengan agenda yang sama.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait