Rabu, 25 Mei 22

Menatap Kemegahan Candi Borobudur Dari Bukit Punthuk Setumbu

Eksotisme pemandangan mentari yang terbit di pagi hari selalu menjadi magnet yang memukau bagi siapapun. Maka tak heran jika tempat-tempat wisata yang menyajikan pemandangan matahari terbit  selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi jika keindahan tersebut berpadu dengan maha karya Tuhan nan luar biasa berupa dua buah puncak gunung yang menjulang dan megahnya sebuah candi, tentu merupakan sebuah pemandangan yang sangat indah namun susah ditemukan. Dan ketiga hal tersebut akan kita dapati tatkala kita berada di Bukit Punthuk Setumbu.

Diatas bukit yang terletak di hamparan perbukitan Menoreh tepatnya di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang tersebut, kita akan melihat indahnya sunrise, anggunnya puncak Gunung Merapi dan Merbabu serta kemegahan Candi Borobudur. Sungguh sebuah pemandangan nan eksostik sekaligus menyentuh kalbu tentang betapa kecilnya kita dihadapan Sang Maha Pencipta.

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit setinggi kurang lebih 400 meter. Awalnya tempat ini merupakan gugusan ladang penduduk. Namun setelah seorang fotografer mengabadikan gambar sunrise borobudur nan eksotik dari tempat ini, orang-orang pun berdatangan untuk mengunjungi tempat ini guna menyaksikan sunrise.

Bukit Punthuk Setumbu di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang
Bukit Punthuk Setumbu di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang

Dan khusus bagi wisatawan yang ingin melihat sunrise dan megahnya candi Borobudur, disarankan agar sampai puncak Punthuk Setumbu sebelum pukul 05:00 WIB. Perjalanan memakan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai puncak dengan rute berupa jalan makadam dan tanah. Bagi yang tidak kuat trekking hingga puncak, tak jauh dari tempat parkir terdapat gazebo di mana wisatawan sudah bisa menyaksikan Borobudur dari kejauhan.

Bagi wisatawan yang ingin mengabadikan Sunrise secara sempurna dari Punthuk Setumbu, waktu terbaik untuk mengabadikan pemandangan indah tersebut akan dapat dinikmati pada musim kemarau atau sekitar bulan Juni hingga Agustus.

Selain matahari yang cerah tanpa mendung pada bulan-bulan ini, perjalanan ke puncak juga tidak becek. Namun apabila hanya ingin menikmati pemandangan berupa megahnya Candi Borobudur seakan melayang dihamparan kabut, wisatawan bisa datang setiap saat. Dan bukan hanya candi Borobudur, namun lebih eksotik lagi, pengunjung juga dapat menyaksikan Gereja Ayam yang sangat terkenal dari puncak bukit ini.

Bukit Punthuk Setumbu

Untuk mencapai kawasan Punthuk Setumbu wisatawan juga dengan mudah akan dapat menemukan rutenya. Dari depan Lokasi Taman Wisata Candi Borobudur, Anda harus berbelok ke kiri menuju arah Hotel Manohara, 700 meter kemudian Anda akan menemukan perempatan yang terletak sebelah kiri sebuah Mesjid, dan dari sini Anda harus berbelok ke kanan menuju arah desa Ngaran II.

Sekitar 700 meter kemudian di perempatan anda ambil jalan lurus sampai 2,3 kilometer kemudian Anda akan menemui pertigaan dengan petunjuk jalan bertuliskan ‘Borobudur Nirvana Sunrise’ ambil arah ke arah kanan menuju lokasi parkir. Silahkan mengikuti petunjuk tersebut dan sampailah Anda ke Bukit Punthuk Setumbu.

Pengunjung yang akan menaiki Puthuk Setumbu dikenakan biaya restribusi Rp 15.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 30.000 untuk wisatawan asing. Namun harga ini tergolong sangat murah dibanding dengan nuansa eksotik yang kita lihat setelah sampai di puncak yakni eksotisme pemandangan Alam yang memukau dan akan tumbuh perasaan bangga dihati kita akan kaya rayanya alam Indonesia.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait